Sukses


6 Dampak Buruk Makan Gorengan saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Gorengan selalu berhasil menggugah selera banyak orang. Maka itu, gorengan telah menjadi menu favorit sehari-hari oleh banyak orang untuk buka puasa di bulan Ramadan.

Meski enak, terasa gurih, dan renyah di mulut, makan gorengan saat buka puasa bukanlah pilihan terbaik.

Kamu perlu memperhatikan ketika menyantap gorengan untuk buka puasa karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika kamu menyantapnya secara berlebihan.

Dampak buruk makan gorengan untuk buka puasa bisa timbul dalam jangka waktu dekat ataupun panjang.

Lantas, dampak buruk seperti apa yang dirasakan makan gorengan saat buka puasa?

Berikut ini enam dampak buruk makan gorengan saat buka puasa, dikutip dari laman Healthline dan Eatingwell, Rabu (12/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dampak Buruk Makan Gorengan saat Buka Puasa

1. Meningkatkan Risiko Diabetes

Gorengan bisa membuat insulin mengalami resistensi dan tidak bisa melakukan tugasnya. Jika ini terjadi, gula darah dalam tubuh tidak bisa diproses dengan baik. Hal ini yang membuat orang yang mengonsumsi gorengan lebih mungkin terkena diabetes tipe-2.

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Kolesterol jahat dalam minyak gorengan sangat berbahaya untuk kesehatan. Kandungan ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Bukan hanya itu, konsumsi gorengan terlalu sering juga menyebabkan saluran kardiovaskular menjadi terganggu.

3 dari 4 halaman

Dampak Buruk Makan Gorengan saat Buka Puasa

3. Mengganggu Pencernaan

Apabila gorengan menjadi makanan pertama yang dimakan saat buka puasa, ini bisa mengganggu kinerja saluran pencernaan. Pastinya, saluran pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut.

Selain itu, hal ini juga bisa memperlambat tubuh untuk memproses zat gizi yang diperoleh dari makanan lain.

4. Asam Lambung Naik

Bahaya makan gorengan saat buka puasa berikutnya yaitu asam lambung bisa naik. Pada dasarnya, makan terlalu banyak gorengan ketika berbuka bisa menimbulkan keluhan yang berbeda pada tiap orang.

Apabila kamu memiliki saluran pencernaan yang sensitif, makanan ini bisa merangsang naiknya asam lambung sehingga menyebabkan "heartburn" alias rasa panas atau terbakar di sekitar perut bagian atas.

4 dari 4 halaman

Dampak Buruk Makan Gorengan saat Buka Puasa

5. Berat Badan Naik

Bahaya lain dari kebiasaan makan gorengan saat buka puasa adalah berat badan naik. Alasannya, makanan berminyak rentan diolah oleh perut. Oleh sebab itu, hindari terlalu banyak mengonsumsi gorengan.

Yang perlu diketahui, menu satu ini termasuk makanan yang tinggi kalori. Satu gram minyak goreng setara dengan 10 gram kalori. Maka itu, apabila kamu sering mengonsumsi gorengan dalam jangka waktu lama, tidak menutup kemungkinan akan mengalami kenaikan berat badan atau obesitas.

6. Membuat Tenggorokan Gatal

Dampak buruk mengonsumsi gorengan saat berbuka, terkadang juga bisa membuat tenggorokan terasa gatal. Hal ini disebabkan akrolein (senyawa organik tak jenuh yang paling sederhana) yang terkandung di dalamnya.

Akrolein ini terbentuk pada minyak yang sudah berkali-kali dipakai. Para ahli mengatakan, penyebab gorengan termasuk menu yang tidak menyehatkan, terletak pada minyak goreng yang digunakan untuk menggorengnya.

 

Sumber: Healthline, Eatingwell

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer