Sukses


4 Contoh Amalan Sunah di Waktu Buka Puasa yang Diajarkan Rasulullah saw.

Bola.com, Jakarta - Buka puasa menjadi momen yang dinantikan umat muslim yang berpuasa, mengingat setelah seharian menahan lapar dan haus demi mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Namun, kamu harus mengetahui buka puasa tak sekadar kegiatan menyantap makan dan minum untuk mengisi kembali energi yang telah terkuras selama seharian.

Ketika umat muslim buka puasa, ada berbagai amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan.

Apalagi ketika bulan Ramadan, amalan yang dikerjakan akan mendapat kebaikan berlipat ganda, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR. Muslim)

Lantas, apa saja amalan sunah yang membawa kebaikan dan keberkahan saat buka puasa?

Berikut ini empat contoh amalan sunah di waktu buka puasa sebagaimana yang diajarkan Rasulullah saw., dikutip dari laman kemenag.go.id, Rabu (12/4/2023).

2 dari 5 halaman

Menyegerakan Berbuka Puasa

Rasulullah saw. bersabda:

"Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098)

3 dari 5 halaman

Berbuka Puasa dengan Kurma

Rasulullah saw. berpesan:

"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

4 dari 5 halaman

Berdoa sebelum Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa, Rasulullah saw. berdoa:

"Dhahaba azh-zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insyaallah)." (HR. Abu Daud No. 2357, Hasan)

5 dari 5 halaman

Berdoa Umum tatkala Berbuka Puasa

Waktu berbuka menjadi satu di antara dari sekian banyak waktu mustajab atau terkabulnya doa. Maka itu, umat muslim dianjurkan untuk berdoa pada waktu tersebut.

Tentunya akan lebih baik lagi bila berdoa dengan doa-doa sunah yang diajarkan Rasulullah saw. Dalam sebuah hadis dijelaskan:

"Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah saw.: "Ada tiga orang yang tidak akan tertolak doanya, yaitu: seorang yang puasa ketika sedang berbuka, seorang imam yang adil, dan doa seorang yang terzalimi." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

 

Sumber: kemenag.go.id

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer