Sukses


8 Cara Mudik Lebaran Idulfitri dengan Sepeda Motor agar Lancar sampai Kampung Halaman

Bola.com, Jakarta - Saat Anda akan melakukan perjalan mudik Lebaran Idulfitri ke kampung halaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal ini supaya perjalanan mudik Lebaran Idulfitri Anda tidak terganggu, nyaman, serta lancar sampai tempat tujuan.

Maka itu, penting mencari tahu bagaimana cara melakukan perjalanan mudik Lebaran Idulfitri dengan aman sehingga bisa selamat sampai kampung halaman.

Apalagi bagi Anda yang mudik Lebaran Idulfitri menggunakan kendaraan sepeda motor.

Agar perjalanan mudik lebaran Anda nyaman, lancar, dan selamat sampai kampung halaman, Anda bisa menyimak beberapa cara yang bisa diterapkan pada artikel ini.

Berikut ini delapan cara mudik lebaran Idulfitri menggunakan sepeda motor yang dapat diterapkan, dikutip dari laman Otoflik dan Bintangmotor, Kamis (13/4/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Mudik Lebaran Idulfitri dengan Sepeda Motor

1. Jangan Membawa Banyak Barang

Jika Anda melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor akan lebih baik Anda tidak terlalu banyak membawa barang.

Bawalah barang-barang yang memang dirasa perlu sepertiHP, powerbank, beberapa baju, dan tas. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan karena kelebihan muatan saat mudik.

2. Pastikan Dokumen Lengkap

Pastikan SIM dan KTP Anda masih dalam masa pakai. Kelengkapan surat motor, seperti STNK dan BPKB juga perlu Anda bawa. Barang kali ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi saat berkendara.

3 dari 5 halaman

Cara Mudik Lebaran Idulfitri dengan Sepeda Motor

3. Pakai Helm Full Face

Berkendara dengan menggunakan helm full face bagus untuk melindungi bagian tubuh yang paling utama ini. Hanya, masih banyak orang yang tidak menghiraukan karena helm full face dianggap berat. Namun, jika Anda tahu manfaatnya, Anda akan senantiasa mengunakannya.

4. Gunakan Pakaian yang Cocok untuk Berkendara Jauh

Aturan berpakaian bagi pengendara sepeda motor sebetulnya sudah ada sejak lama, tetapi hal sepele ini sering kali terlewatkan.

Mungkin banyak yang belum tahu, selain helm dengan standar nasional Indonesia (SNI), ada pula panduan penggunaan riding gear yang nyaman di badan selama berkendara jauh.

Tentunya, pakaian khusus tersebut juga bermanfaat untuk keamanan pengendaranya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4 dari 5 halaman

Cara Mudik Lebaran Idulfitri dengan Sepeda Motor

5. Siapkan Rencana Perjalanan

Mudik merupakan kegiatan yang melelahkan karena harus menempuh perjalanan jauh. Maka itu, penting untuk menyiapkan rencana perjalanan.

Catat jalur titik-titik penting dan rawan seperti nomor-nomor darurat, seperti kantor polisi, rumah sakit, dan lainnya. Biasanya ada beberapa titik atau posko mudik yang ada di setiap daerah untuk Anda bisa sejenak beristirahat bersama teman-teman pemudik lainnya.

6. Etika Berlalu Lintas

Berkendara di jalan raya bukan hal yang mudah karena kita akan selalu berpapasan dengan banyak kendaraan lain. Maka itu, agar Anda tetap bisa berkendara dengan nyaman dan aman, selalu patuhi etika berkendara.

Terlebih lagi bagi Anda yang akan melewati jalur yang terkenal ramai. Selain mematuhi etika lalu-lintas, Anda juga harus bersabar, menahan emosi, serta kendalikan motor dengan aman.

5 dari 5 halaman

Cara Mudik Lebaran Idulfitri dengan Sepeda Motor

7. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Menyepelekan rasa kantuk karena kurang istirahat sangat berbahaya bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Maka itu, istirahat cukup menjadi satu di antara cara aman mudik menggunakan sepeda motor yang wajib dilakukan di sepanjang perjalanan.

Kondisi tubuh kekurangan waktu istirahat atau microsleep dapat memicu kecelakaan di jalan raya.

8. Jangan Lupa Berdoa

cara aman mudik menggunakan sepeda motor yang terakhir adalah berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Dengan berdoa, kita akan selalu dalam lindungan Sang Maha Pencipta. Dengan begitu, perjalanan mudik akan terasa lebih berkesan dan lebih aman.

 

Sumber: Otoflik, Bintangmotor

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer