Sukses


Macam-Macam Amalan 10 Hari Terakhir Ramadan

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Bahkan, makin akhir dalam menuju Bulan Ramadan, Allah memberikan banyak kebaikan dan keistimewaan.

Sepuluh hari terakhir bulan Ramadan merupakan malam turunnya Al-Qur'an, seluruh umat Islam di seluruh dunia dianjurkan untuk mencari malam Lailatulqadar.

Al-Qur'an diturunkan ke muka bumi dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah yang kemudian diwahyukan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad saw. selama 20 tahun.

Untuk itu, demi mendapatkan malam Lailatulqadar kita harus menemukannya pada 10 malam terakhir karena tak ada yang mengetahui malam Lailatulqadar kecuali Allah Swt.

Rasulullah saw. memperkirakan bahwa malam tersebut ada di antara 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Itulah mengapa 10 hari terakhir bulan Ramadan menjadi sebuah keutamaan yang sangat disayangkan bila ditinggal oleh umat muslim di seluruh dunia.

Berikut macam-macam amalan yang bisa dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan, disadur dari Kapanlagi, Kamis (13/4/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Amalan 10 Hari Terakhir Ramadan

Tadarus

Amalan 10 hari terakhir yang dapat dilakukan saat Ramadan yaitu dengan melakukan tadarus Al-Quran. Membaca Al-Qur'an memang memberikan pahala terutama saat bulan suci Ramadan.

Dalam membaca Al-Qur'an kita akan mendapatkan banyak pahala kebaikan. Selain itu, dalam membaca Al-Qur'an kita mendapatkan rahmat dan perlindungan dari Allah Swt., memberikan syafaat ketika hari kiamat, dan hati lebih merasa tenang serta tenteram.

Bagi Rasulullah saw., membaca Al-Qur'an merupakan upaya kita untuk berbincang dan berkomunikasi dengan Allah Swt..

Menurut Imam Nawawi, membaca Al-Quran pada 10 hari terakhir bulan Ramadan lebih baik dilakukan pada malam hari daripada awal malam.

Kemudian membaca Al-Qur'an yang paling baik di waktu siang adalah saat setelah salat Subuh. Untuk itulah, kalian bisa lebih memperbanyak kembali tadarus Al-Qur'an saat 10 hari terakhir puasa Ramadan.

Tahajud

Amalan 10 hari terakhir yang selanjutnya yaitu dengan melakukan salat Tahajud. Ketika melaksanakan salat Tahajud, kita akan berada lebih dekat dengan Allah Swt.

Melakukan salat Tahajud pada hari-hari biasa tentu mendapatkan banyak kebaikan. Bila kita melaksanakan hal tersebut saat 10 hari terakhir tentu kita akan mendapatkan lebih banyak lagi kebaikan dari Allah Swt.

Ketika kita melaksanakan salat Tahajud, kita akan mendapatkan beberapa kebaikan. Dan kebaikan tersebut antara lain, dapat menenangkan pikiran, menjaga kesehatan jasmani dan rohani, menjadi jembatan untuk masuk ke surga Allah Swt., mengabulkan setiap doa, dan masih banyak lagi.

Untuk itulah, demi mendapatkan malam Lailatulqadar ada baiknya kita mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan melakukan salat Tahajud. Tentu Allah Swt. akan memberikan perhatiannya pada para hamba yang mau lebih mendekat kepada-Nya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Amalan 10 Hari Terakhir Ramadan

Sedekah

Sedekah juga masuk amalan 10 hari terakhir puasa Ramadan yang dapat dikerjakan. Dalam 10 hari terakhir puasa Ramadan, sedekah merupakan amalan utama.

Hal itu karena keutamaannya tidak hanya didapatkan bagi mereka yang bersedekah saja, tetapi juga dinikmati oleh orang yang menerimanya.

Berdasarkan syariat, sedekah adalah sesuatu kegiatan untuk mengeluarkan harta demi kepentingan sesuatu. Dan yang perlu diketahui bahwa, arti sedekah lebih luas karena tidak terbatas pada barang materi saja.

Kita juga dapat memberikan non-materi seperti amar ma'ruf nahi munkar.

Maka itu, banyak orang-orang yang berlomba-lomba memberikan sedekah dengan sebuah hidangan berbuka puasa, hidangan sahur, menyantuni anak yatim, serta memberikan sedekah untuk kegiatan keagamaan.

Dengan begitu, mulai saat ini kamu bisa melakukan kegiatan bersedekah sebagai amalan 10 hari terakhir bulan Ramadan karena Allah Ta'ala.

Iktikaf

Amalan 10 hari terakhir puasa Ramadan yang terakhir yaitu melakukan iktikaf. Iktikaf merupakan kegiatan berdiam di dalam masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Iktikaf bukan hanya berdiam diri saja, ada kegiatan yang harus dilakukan selama melaksanakan iktikaf seperti, bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir, istigfar, selawat nabi, serta memperbanyak doa dan tafakkur untuk menjadi pelengkap iktikaf.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dhia Amira, Published: 14/5/2020)

Yuk, baca artikel ramadan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer