Sukses


9 Cara Packing Barang Mudik Lebaran Idulfitri Anti Ribet

Bola.com, Jakarta - Mudik masih menjadi satu di antara tradisi yang tak bisa dilewatkan menjelang Lebaran Idulfitri.

Pastinya ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan sebelum mudik Idulfitri. Satu di antaranya menata atau packing barang yang akan dibawa.

Tak bisa dimungkiri, packing barang kebutuhan selama pulang ke kampung halaman menjadi satu di antara masalah yang sering dialami orang yang hendak mudik untuk berlebaran.

Agar kamu tidak mengalami hal tersebut, kamu bisa mencermati cara packing barang mudik lebaran Idulfitri pada artikel ini.

Hal ini penting agar perjalanan mudik Idulfitri jadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan.

Berikut ini sembilan cara packing barang mudik Lebaran Idulfitri anti ribet, dikutip dari laman Menit9 dan Annsolo, Jumat (14/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Packing Barang Mudik Lebaran Idulfitri Anti Ribet

1. Buat Daftar Barang

Tentu tidak semua barang bakal kamu bawa untuk mudik Idulfitri. Jadi, cobalah membuat daftar barang yang diperlukan supaya kamu lebih mudah packing dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

2. Ketimbang Dilipat, Menggulung Baju Bisa Menghemat Banyak Ruang

Melipat baju mungkin bakal bikin kopermu cepat penuh. Untuk menyiasatinya, cara packing mudik Idulfitri ini wajib kamu lakukan. Gulung bajumu dan letakkan yang berbahan berat seperti jeans atau jaket di bawah. Baju kaos dan blus yang ringan bisa diletakkan di atas.

3. Masukan Pakaian ke Plastik

Selain digulung sebaiknya pakaian dimasukkan ke plastik. Tujuannya adalah untuk mencegah pakaian menjadi kusut. Selain itu, kamu bisa memisahkan pakaian yang kotor dengan yang bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Packing Barang Mudik Lebaran Idulfitri Anti Ribet

4. Manfaatkan Shower Cap jika Bawa

Sepatu akan membuat kotor isi tas jika kita membawanya. Namun, kamu bisa memanfaatkan shower cap untuk mengatasinya. Kalaupun tidak membawa shower cap, kamu bisa memanfaatkan plastik.

5. Masukan Barang yang Sering Dipakai ke Tas Khusus

Beberapa barang yang sering dipakai seperti smartphone, kacamata, makeup, dompet, dan lainnya sebaiknya dimasukkan ke satu tas khusus sehingga kita tidak repot-repot membongkar koper atau tas yang isinya banyak.

6. Kemas Benda Cair dalam Satu Wadah

Kamu perlu menyimpan benda cair seperti sabun, sampo, parfum, dan lainnya dalam kantong atau tas kecil yang terpisah. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengenai benda lain apabila cairan tumpah di dalam koper.

4 dari 4 halaman

Cara Packing Barang Mudik Lebaran Idulfitri Anti Ribet

7. Sesuaikan Jumlah Pakaian dengan Lama Mudik

Penting untuk memperhatikan jumlah pakaian dengan lama waktu mudik untuk menghindari bawaan yang tidak diperlukan. Hitung berapa lama perjalanan mudik kemudian sesuaikan dengan setelan pakaian yang akan dipakai setiap harinya.

Pertimbangkan pula untuk mencuci pakaian yang sudah dipakai selama mudik, hal ini bertujuan agar tidak perlu lagi untuk membawa banyak pakaian.

8. Menyesuaikan Jenis Transportasi

Menggunakan mobil pribadi bukan berarti kamu bisa membawa banyak barang. Jika ruang mobil terbatas dan anggota keluarga berlebih, yang harus dikorbankan adalah jumlah barang bawaan.

Jika bepergian menggunakan pesawat terbang, pastikan kapasitas bawaan tidak melampaui batas beban maksimal karena kamu perlu membayar kelebihan beban.

9. Membawa Tas Lipat

Sepulang mudik Idulfitri, pastinya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh dari kampung halaman. Agar tidak memenuhi koper atau tas untuk menampung pakaian, membawa tas lipat adalah solusi packing mudik efisien menyimpan oleh-oleh.

 

Sumber: Menit9, Annsolo

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer