Sukses


6 Cara Mengelola Uang THR Idulfitri dengan Baik dan Tepat

Bola.com, Jakarta - Turunnya THR atau dikenal juga Tunjangan Hari Raya menjadi satu di antara topik yang paling banyak dibicarakan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Pasalnya, pekerja akan mendapatkan uang sebesar satu kali upah bulanan yang mencakup gaji pokok dan tunjangan tetap saat THR cair.

Secara umum, THR didefinisikan pendapatan yang wajib dibayarkan pemberi kerja kepada pekerja menjelang hari raya keagamaan dalam bentuk uang.

Adapun hari raya keagamaan yang dimaksud Idulfitri. Meski, ada beberapa perusahaan yang memberikan THR menjelang hari raya Natal, Nyepi, Waisak maupun Imlek.

Nah, ketika sudah mendapatkan uang THR, Anda harus tetap membatasi penggunaannya. Jangan sampai Anda menjadi boros, membeli hal-hal yang sebenarnya tidak ada faedahnya, dan akhirnya berujung menyesalinya di kemudian hari.

Berikut ini rangkuman tentang cara mengelola uang THR Idulfitri dengan baik dan tepat, dikutip dari laman bnp.jambiprov.go.id, Jumat (14/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Mengelola Uang THR Idulfitri

1. Siapkan untuk Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Islam selama bulan Ramadan. Oleh karena itu, gunakan uang THR untuk memenuhi kewajiban ini dengan memberikan bahan pokok makanan seberat 2,5 kg kepada mustahik, badan pengurus zakat setempat, atau memberikan uang tunai sesuai nominal harga bahan pokok.

2. Sisihkan untuk Berbagi dengan Keluarga

Setelah memenuhi kewajiban dan alokasi dana THR, gunakan uang tersebut untuk berbagi dengan sanak saudara dan keluarga. Bagikan dengan nominal yang sesuai kemampuan pembayaran dan gunakan amplop lebaran yang lucu serta unik.

3 dari 4 halaman

Cara Mengelola Uang THR Idulfitri

3. Menahan Hasrat Berbelanja secara Online

Ketika bulan Ramadan tiba pasti ada diskon besar-besaran sehingga hasrat untuk berbelanja sulit untuk dibendung, apalagi setelah menerima THR. Namun, jika tidak hati-hati, uang THR bisa langsung habis dalam sekejap.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya tentukan terlebih dahulu berapa uang yang akan digunakan untuk belanja, dan pisahkan sejumlah uang untuk ditabung. Meski cukup sulit dilakukan, cara mengelola THR ini penting untuk dilakukan agar tidak terjebak dalam godaan belanja yang berlebihan.

4. Melunasi Utang

Cara mengelola uang THR ini mungkin terlihat sepele, tetapi sebenarnya dapat menjadi solusi yang tepat. Namun, sebelum melunasi utang, catat terlebih dahulu jumlah dan sumber utang yang dimiliki, lalu buat daftar prioritas untuk melunasi utang yang paling penting terlebih dahulu.

Daftar prioritas dapat diukur berdasarkan besarnya jumlah utang, urgensi, dan deadline pembayarannya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengelola Uang THR Idulfitri

5. Sisihkan untuk Dana Darurat

Menyisihkan uang THR untuk dana darurat adalah cara mengelola uang THR yang sangat penting. Anda harus siap mengeluarkan dana untuk keperluan mendadak yang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, gunakan sebagian dari uang THR untuk menambah simpanan dana darurat.

6. Berbagilah dengan yang Membutuhkan

Anda juga bisa mengelola uang THR dengan menggunakannya untuk berbagi. Mungkin tidak terdengar seperti cara mengelola uang THR yang baik, tetapi di sekitar kita ada banyak orang yang juga membutuhkan uang.

Dengan berbagi dan membantu orang yang kurang mampu, uang THR Anda akan terpakai untuk hal yang bermakna bagi orang lain.

 

Sumber: bnp.jambiprov.go.id

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer