Sukses


5 Keutamaan Puasa Syawal yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Syawal merupakan satu di antara bulan terbaik setelah bulan Ramadan. Pada bulan Syawal, setiap Muslim dianjurkan untuk makin meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan kepada Allah Swt.

Dengan begitu, amalan pada bulan Ramadan menjadi sempurna dan tidak berakhir. Ada banyak amalan yang bisa dikerjakan umat muslim di bulan Syawal.

Satu di antara amalan di bulan Syawal yang memiliki keistimewaan ialah menjalankan puasa enam hari. Puasa Syawal merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan dalam Islam dan memiliki banyak keutamaan.

Umat muslim yang menunaikan ibadah sunah ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, yaitu seperti puasa selama setahun. Tak hanya itu, masih ada beberapa keutamaan puasa Syawal yang bisa didapat umat muslim.

Lantas, apa saja keutamaan puasa Syawal yang bisa didapat umat muslim yang menunaikannya?

Berikut ini keutamaan puasa Syawal yang perlu diketahui umat muslim, dilansir dari bnp.jambiprov.go.id, Minggu (23/4/2023).

 

2 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Syawal

Menghapus Dosa Selama Setahun

Puasa Syawal adalah cara yang baik untuk memperbaiki amalan selama bulan Ramadan. Dengan berpuasa pada enam hari pertama setelah Idulfitri, kita dapat memperbaiki amalan kita yang kurang sempurna selama Ramadan.

Hal itu sebagaimana yang disebutkan dalam hadis riwayat muslim, puasa Syawal akan menjadi penghapus dosa-dosa yang dilakukan selama Ramadan sebelumnya.

Dianjurkan Rasulullah saw.

Puasa Syawal adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. Beliau sangat aktif melaksanakan puasa ini, bahkan dalam beberapa hadis dinyatakan bahwa Rasulullah saw. tidak pernah melewatkan puasa Syawal kecuali karena sakit atau keperluan lain yang penting.

Kesehatan

Puasa Syawal juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Dalam beberapa penelitian, puasa intermiten yang dilakukan selama beberapa hari dalam sebulan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menurunkan risiko penyakit.

Itu artinya, berpuasa Syawal dapat memberikan manfaat serupa bagi kesehatan kita.

 

3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Syawal

 Menyempurnakan Ibadah

Seorang muslim yang memahami ibadah yang dilakukannya tentu tidak akan pernah merasa cukup dengan hasil atau pahala yang diberikan oleh Allah Swt. Oleh karena itu, ia melakukan ibadah-ibadah sunah tambahan.

Satu di antaranya adalah puasa enam hari di bulan Syawal sebagai cara untuk memperbaiki ibadah wajib yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Sudah jelas bahwa puasa Syawal dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan ibadah wajib lainnya, seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Rajab dalam salah satu kitabnya.

"Balasan dari amal kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barang siapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barang siapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.” (Latho-if Al Ma’arif, hal. 394.)

Mendapat Pahala yang Besar

Puasa Syawal juga memberikan kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah Swt. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis riwayat Abu Dawud:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka dia telah memperoleh pahala puasa sepanjang tahun.”

 

Sumber: jambiprov.go.id

Baca artikel seputar puasa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer