Sukses


9 Cara Terbaik untuk Menangani Cemas yang Berlebihan

Bola.com, Jakarta - Seseorang bisa merasakan cemas ketika berada di situasi yang menimbulkan rasa takut dan khawatir, hal tersebut merupakan kewajaran.

Kecemasan adalah respons alami tubuh berikan ketika seseorang sedang stres. Perasaan cemas berlebihan, dapat bertahan lebih dari enam bulan dan mengganggu hidup aktivitas yang sedang kamu kerjakan.

Ada berbagai faktor yang memengaruhi terjadinya kecemasan, semisal pekerjaan, urusan rumah tangga, urusan percintaan, dan urusan sekolah.

Orang yang kerap merasakan cemas akan mudah gelisah, muncul sakit kepala, jantung yang berdebar kencang, hingga kesulitan dalam bernapas.

Ada beberapa cara terbaik yang dapat kamu lakukan dan terapkan untuk mengatasi cemas berlebihan. Jika tidak segera dihilangkan, gangguan ini bisa berdampak terhadap kualitas hidupmu.

Berikut sembilan cara terbaik untuk menangani cemas yang berlebihan, seperti dikutip dari Healthline dan Psychreg, Minggu (16/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Menangani Cemas yang Berlebihan

1. Melakukan Meditasi

Meditasi ampuh membantu meningkatkan ketenangan dan menurunkan kadar kecemasan. Ada banyak jenis meditasi yang bisa kamu lakukan, misalnya yoga.

Ambil waktu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk berdiam diri melakukan meditasi. Duduk di ruangan yang sunyi sambil memejamkan mata, tambahkan juga dengan musik yang menunjang untuk menenangkan pikiran, seperti musik klasik atau white noise seperti suara-suara alam.

2. Latihan Pernapasan Dalam

Napas yang pendek dan cepat sering terjadi pada orang yang mengalami kecemasan. Hal ini menyebabkan detak jantung yang cepat, pusing atau sakit kepala ringan, atau bahkan serangan panik.

Latihan pernapasan dalam, merupakan proses yang disengaja untuk mengambil napas dalam-dalam yang lambat dan merata. Hal ini membantu memulihkan pola pernapasan normal dan mengurangi kecemasan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Kadar gula darah yang rendah, dehidrasi, atau bahan kimia dalam makanan olahan, seperti perasa buatan, pewarna buatan, dan pengawet dapat menyebabkan perubahan mood pada beberapa orang. Diet tinggi gula juga dapat memengaruhi temperamen.

Jika kecemasanmu memburuk setelah makan, periksa kebiasaan makanmu. Tetap terhidrasi, hilangkan makanan olahan, dan makan makanan sehat yang kaya karbohidrat kompleks serta nutrisi.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Menangani Cemas yang Berlebihan

4. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Kamu bisa menghindari beberapa kebiasaan yang menjadi faktor penyebab kondisi cemas menjadi makin parah. Satu di antaranya dengan mengurangi penggunaan media sosial.

Sebagian orang menggunakan media sosial untuk melampiaskan rasa tertekan dan cemasnya. Ternyata, kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan.

Hal ini dikarenakan media sosial justru akan membuat pengidap kecemasan akan makin membandingkan diri dengan orang lain. Hal inilah yang akan makin menimbulkan rasa cemas.

5. Minum Teh Chamomile

Secangkir teh chamomile adalah obat rumahan yang umum untuk menenangkan saraf yang tegang dan meningkatkan kualitas tidur. Sebuah penelitian menunjukkan chamomile bisa menjadi obat ampuh melawan gangguan kecemasan umum.

Minum segelas teh chamomile hangat sebelum tidur atau ketika beraktivitas. Khasiatnya akan mengurangi ketegangan dan kecemasan yang kamu rasakan.

6. Menulis Jurnal Pemikiran

Membuat jurnal menjadi cara yang baik untuk memproses pikiran dan perasaanmu. Sering kali, pikiranmu yang berkontribusi pada perasaan cemas.

Dengan menuliskan pikiran dan perasaanmu, kamu bisa mengeluarkannya dari dalam dada, serta memberimu kejelasan tentang apa yang kamu khawatirkan.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Menangani Cemas yang Berlebihan

7. Gunakan Aroma Terapi

Aromaterapi yang berbentuk minyak, dupa, lilin, dan lain sebagainya dengan macam-macam aroma, seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa membuat pikiran menjadi tenang.

Aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu pada otak yang berpotensi untuk mengurangi kecemasan.

Aroma terapi tersebut dapat kamu hirup secara langsung atau ditambahkan ke bak mandi air hangat.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari, minum air putih dapat menurunkan rasa cemas yang kamu rasakan. Jika rasa cemas sudah mulai merasuki, minum segelas air putih dingin.

Sediakan selalu sebotol air putih ke mana pun kamu pergi sebagai tindakan antisipasi apabila kecemasan datang secara mendadak.

9. Melakukan Hal Baru

Bukan hanya sekadar melakukan hal yang kamu suka, kamu juga bisa melakukan hal yang baru. Saat menantang diri sendiri dengan melakukan berbagai hal baru, tanpa disadari, tubuh bisa memproduksi hormon dopamin yang berkaitan dengan rasa bahagia dan senang. 

Saat hati merasa senang, hal tersebut bisa menjauhkan rasa cemas serta kegelisahan yang datang dan membuatmu sulit untuk berpikir.

 

Sumber: Healthline, Psychreg

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer