Sukses


Daftar Menu Makanan Khas Lebaran, Tak Boleh Dilewatkan

Bola.com, Jakarta - Ramadan 1444 H akan segera berakhir. Setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan, umat muslim akan menyambut Lebaran.

Idulfitri identik dengan kumpul keluarga dan berkunjung ke tempat sanak saudara untuk mempererat tali silaturahmi.

Tak hanya itu, saat berkunjung biasanya akan menikmati berbagai hidangan khas Lebaran. Ada beberapa menu makanan Lebaran yang populer di Indonesia dan paling ditunggu-tunggu kehadirannya.

Saking melekatnya, beberapa hidangan kuliner pun turut menjadi menu wajib yang tak boleh absen di momen spesial Lebaran.

Kenikmatan kuliner dan momen kebersamaan dengan orang terkasih pun jadi semakin menyenangkan. Penasaran, apa saja menu makanan khas Idulfitri?

Berikut ini daftar menu makanan khas Lebaran yang bisa jadi pilihan, dilansir dari Btp.ac.id, Senin (17/4/2023).

 

2 dari 5 halaman

Menu Makanan Khas Lebaran

1. Ketupat

Ketupat telah menjadi satu di antara hidangan yang wajib dikonsumsi saat Lebaran. Tanpa ketupat, momen Lebaran terasa belum komplit.

Hidangan satu ini merupakan makanan berbahan dasar beras yang dibungkus ke dalam anyaman daun kelapa atau janur.

Proses memasak ketupat sendiri memakan waktu yang cukup lama agar dapat menghasilkan tekstur yang lembut dan padat. Ketupat juga biasanya dikonsumsi bersama menu pelengkap, seperti opor, sate, soto, dan lainnya.

2. Opor Ayam

Makanan Lebaran lain yang populer di Indonesia ialah opor ayam. Makanan berkuah satu ini umumnya disantap bersamaan dengan ketupat. Keduanya bahkan telah menjadi perpaduan yang wajib dikonsumsi saat Idulfitri.

Seperti namanya, opor ayam terbuat dari daging ayam yang direbus dengan kuah santan dan tambahan bumbu rempah yang gurih dan nikmat.

 

3 dari 5 halaman

Menu Makanan Khas Lebaran

3. Rendang

Rendang merupakan masakan daging khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang dibuat menggunakan rempah-rempah khas dan campuran santan yang gurih.

Menjelang Idulfitri biasanya ibu-ibu akan pergi ke pasar untuk membeli sejumlah daging sapi yang kemudian akan dimasak menjadi rendang daging yang nikmat.

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Sebagai masyarakat Indonesia, hidangan kuliner tentu belum lengkap tanpa adanya cita rasa yang pedas. Oleh karena itu, sambal goreng kentang ati menjadi salah satu hidangan pelengkap yang wajib masuk dalam daftar.

Sambal goreng kentang ati merupakan perpaduan antara kentang dan ati ampela yang dipotong dadu, lalu dicampurkan dengan bumbu dan cabai.

Hidangan satu ini juga biasanya dilengkapi dengan petai untuk menambah cita rasa dan aroma yang menggugah selera.

 

4 dari 5 halaman

Menu Makanan Khas Lebaran

5. Semur Daging

Semur merupakan hidangan berbahan dasar daging. Semur juga menjadi satu di antara menu kuliner yang tak boleh dilewatkan saat Lebaran.

Secara visual, semur memiliki kuah berwarna coklat pekat dengan tambahan bahan lainnya, seperti kentang, potongan tahu, tempe, ataupun telur.

Bahan penting yang menjadi kunci dalam pembuatan semur ialah penggunaan kecap yang terbuat dari kedelai hitam.

Oleh karena itu, cita rasa manis dari semur sangatlah cocok untuk melengkapi hidangan kuliner saat Lebaran.

6. Lodeh

Momen Lebaran juga belum lengkap tanpa hidangan sayur-mayur. Satu di antaranya adalah sayur lodeh dengan kuah santan khas Jawa Tengah.

Pembuatan lodeh sendiri dilengkapi dengan bahan yang variatif, mulai dari terong, labu siam, kacang panjang, petai, tempe, cabai, hingga jagung kecil.

Hidangan satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi bersama ketupat ataupun nasi hangat. Selain lezat, sayuran ini juga baik untuk kesehatan karena kandungan seratnya yang tinggi.

 

5 dari 5 halaman

Menu Makanan Khas Lebaran

7. Kue Nastar

Selain hidangan berat, momen Lebaran juga identik dengan kehadiran beragam varian kue. Satu di antara makanan yang paling populer saat Leberan ialah nastar.

Kue kering dengan isian selai nanas ini memiliki bentuk yang bulat dengan tekstur lembut dan cita rasa yang manis dan asam.

Kue Nastar sendiri sangat cocok dinikmati dengan teh hangat sembari berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga.

8. Es Blewah

Sajian yang menyegarkan tak boleh turut ketinggalan! Satu di antara jenis minuman yang umum dan dapat kamu nikmati di momen Lebaran ialah es blewah.

Hidangan satu ini dibuat dengan serutan blewah dan cincau, menghasilkan cita rasa yang manis dan menyegarkan.

Dengan bahan tambahan sederhana, seperti gula pasir, sirup, dan susu kental manis, kamu pun dapat membuat es blewah yang nikmat di momen spesial.

 

Sumber: btp.ac.id

Baca artikel seputar Lebaran lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer