Sukses


Cara Meningkatkan Self-Esteem buat Hidup Lebih Positif

Bola.com, Jakarta - Orang yang kerap tersandung masalah minder akan membuatnya menjadi tidak menghargai diri sendiri. Pasalnya, itu menjadi tanda kalau self-esteem kamu rendah.

Self-esteem atau harga diri adalah penilaian yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri. Ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi harga diri seseorang, yakni usia, genetik, kemampuan fisik, status ekonomi dan sosial serta pola pikir.

Faktor genetik memang dapat menjadi aspek self-esteem yang membentuk kepribadian seseorang. Namun, pengalaman hidup diduga menjadi satu di antara faktor yang paling penting dalam memengaruhi self-esteem.

Sering kali, pengalaman dapat membentuk harga diri secara keseluruhan. Misalnya, seseorang yang memiliki self-esteem rendah mungkin disebabkan karena penilaian yang terlalu kritis atau negatif dari keluarga maupun temannya.

Self-esteem rendah adalah kondisi saat seseorang cenderung melihat diri sendiri dan kehidupannya dengan pandangan negatif. Ia mungkin juga merasa tidak percaya diri untuk menghadapi tantangan hidup.

Berikut cara meningkatkan self-esteem buat hidup yang lebih positif, disadur dari Klikdokter, Rabu (19/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Meningkatkan Self-Esteem

1. Bersikap Baik kepada Diri Sendiri

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengenali diri sendiri dengan mencari tahu apa yang membuatmu bahagia. Kakanlah hal-hal positif kepada diri sendiri. Kamu bisa melakukannya di depan cermin.

Selain itu, stop membandingkan diri dengan orang lain secara berlebihan. Sayangi dan terima diri sendiri, serta lakukanlah sesuatu yang baik untuk diri.

2. Berani Bilang "Tidak"

Untuk mengembangkan self-esteem, coba juga bersikap tegas dengan berlatih mengatakan "tidak". Selalu setuju pada segala hal hanya untuk menyenangkan orang lain dapat menguras tenaga.

Jadi, kamu juga perlu menghargai perasaan pribadi sebelum menyetujui sesuatu. Jangan sungkan untuk berkata "tidak" jika kamu memang tidak suka.

3. Rayakan Keberhasilan Diri

Apabila kamu baru saja mencapai sebuah target, luangkan waktu untuk menghargai diri. Misalnya, jangan ragu untuk merayakannya dengan beli makanan favorit atau tas yang sudah diidamkan, bahkan bisa juga dengan sekadar me time di rumah.

Terima juga pujian dari orang lain dengan bijaksana, bukan dengan sikap sombong. Ingat pujian tersebut ketika merasa rendah diri atau meragukan diri sendiri.

Tulislah hal-hal yang kamu sukai tentang diri sendiri di jurnal, seperti keterampilan yang telah dipelajari atau bantuan yang kamu berikan kepada orang lain.

3 dari 3 halaman

Cara Meningkatkan Self-Esteem

4. Temukan Support System

Memiliki seseorang yang dapat mendengarkan dan peduli dengan dirimu dapat membantu mengembangkan self-esteem.

Dengan menghabiskan banyak waktu bersama orang-orang yang membuatmu merasa lebih baik, hal ini sangat membantu untuk meningkatkan harga diri. Kamu juga bisa berbagi pengalaman dengan mereka yang memiliki pengalaman serupa.

5. Lakukan Hal Baru

Cara meningkatkan self-esteem yang juga perlu kamu lakukan adalah mempelajari sesuatu yang baru sesekali. Misalnya, membaca buku dengan genre berbeda dari biasanya atau melakukan aktivitas kreatif seperti melukis atau merajut yang belum pernah digeluti.

Hal-hal tersebut akan menambah wawasan dan kemampuanmu, kepercayaan diri pun bisa meningkat.

6. Jaga Sehatmu

Tak kalah penting, jaga sehatmu baik fisik maupun mental. Jaga pola tidur dan pola makan tetap terkontrol, olahraga, serta kendalikan stres dengan baik.

Hindari penggunaan narkoba dan konsumsi alkohol berlebihan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

7. Konsultasi dengan Tenaga Profesional

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog apabila kamu kesulitan untuk mengembangkan self-esteem. Nantinya, kamu bisa memahami diri dengan lebih baik dan menemukan solusi untuk mengatasi harga diri rendah.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 7/10/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer