Sukses


Macam-Macam Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

Bola.com, Jakarta - Banyak hal menyenangkan dan pastinya dinanti ketika Lebaran tiba, satu di antaranya berkumpul bersama dengan sanak saudara dan teman-teman.

Saat berkumpul bersama keluarga besar, tidak lengkap tanpa keberadaan sajian makanan dan minuman yang bisa menggugah selera semua orang.

Jika pada Lebaran tahun ini giliran Anda menjamu keluarga besar, Anda bisa menyiapkan minuman yang sehat dan segar.

Perlu diketahui, berbagai minuman yang biasa disajikan di hari Lebaran biasanya mengandung banyak gula atau pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka itu, coba ganti berbagai minuman tidak sehat tersebut dengan aneka minuman yang sehat serta menyegarkan.

Anda pastinya akan lebih tenang karena telah menjamu keluarga besar dengan asupan menyehatkan.

Berikut macam-macam minuman sehat dan segar untuk jamuan Lebaran, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (20/4/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

1. Es Jeruk Selasih

Siapa yang tak familier dengan es jeruk? Minuman segar ini juga sangat cocok sebagai minuman untuk Hari Raya Idulfitri. Cara membuatnya cukup mudah. 

Anda hanya perlu memeras jeruk dan menambahkan air dan es batu. Tambahkan gula secukupnya untuk mengimbangi asam dari jeruk. Untuk menambah kandungan serat di dalamnya, Anda bisa tambahkan biji selasih. 

2. Air Kelapa 

Minuman segar Lebaran lainnya adalah air kelapa dari buah kelapa muda. Air kelapa terbukti dapat mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit dalam tubuh. 

Manfaat ini penting ketika Lebaran karena Anda akan banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, seperti kue kering. Air kelapa juga sudah banyak dikenal bermanfaat untuk membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah. 

Manfaat tersebut penting karena di hari Idulfitri, Anda akan cenderung banyak makan makanan berlemak dan dengan kadar gula tinggi. Supaya lebih segar dan menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan es batu dan potongan daging kelapa ke dalam minumannya. 

3. Wedang Jahe

Minuman berbahan dasar rempah ini mengandung mineral dan mendukung kinerja bakteri baik dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, wedang jahe juga melindungi tubuh dari peradangan. 

Untuk membuatnya, Anda bisa merebus jahe yang sudah dipipihkan dan campurkan dengan gula merah yang telah dihaluskan. Setelah mendidih, saring untuk membersihkan ampas jahe, lalu sajikan selagi hangat.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

4. Es Buah

Es buah merupakan satu di antara alternatif minuman Lebaran yang menyegarkan dan sehat. Cara membuatnya mudah, Anda cukup memotong aneka buah segar, seperti pepaya, melon, dan semangka menjadi berbentuk bulat atau dadu kecil. 

Kemudian, masukkan buah-buahan tersebut ke air es atau susu. Untuk rasa manis, Anda bisa tambahkan madu. Hindari kental manis atau sirop berlebihan karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya. 

5. Es Blewah

Minuman ini tak kalah menyegarkan dan sehat, serta tinggi kandungan seratnya. Cara membuatnya, Anda dapat menyerut atau mengeruk buah blewah kecil, masukkan ke air berisi es batu lalu tambahkan irisan jeruk nipis dan madu untuk menambah kesegarannya. 

Minum es blewah akan membantu mengatasi sembelit berkat kandungan seratnya yang tinggi. Manfaat ini penting, mengingat di momen Lebaran, Anda tentu akan makan dalam porsi banyak yang dapat memicu sembelit. 

6. Es Timun Suri

Es timun suri merupakan satu di antara minuman Lebaran khas di Indonesia. Selain menyegarkan, minuman ini menyehatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Timun suri mengandung antioksidan, vitamin C, dan berbagai vitamin lain yang baik untuk tubuh. 

Kandungan tersebut penting untuk menjaga imunitas tubuh Anda. Hal ini tentu diperlukan mengingat momen Lebaran di tengah potensi penularan COVID-19 sangat membutuhkan imunitas yang tinggi. 

Selain menjaga imun tubuh, es timun suri akan membantu melancarkan pencernaan setelah makan banyak makanan berlemak di Hari Idulfitri. 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

7. Smoothies 

Berbeda dengan jus, smoothies tidak disaring sehingga semua manfaat buah dan sayur bisa Anda dapatkan. Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, serta serat di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Tambahkan juga kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalamnya. Selain menambah cita rasa, nutrisi dalam smoothies dapat lebih meningkat.

8. Susu Almond

Susu almond memiliki kadar vitamin E dan omega 9 yang tinggi. Selain itu, susu ini merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh dengan kalori yang cukup rendah. Anda dapat membeli susu almond yang rendah gula dan terfortifikasi dengan berbagai zat gizi atau membuatnya sendiri di rumah. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/6/2019)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer