Sukses


Macam-Macam Cara agar Tubuh Tetap Fit setelah Libur Lebaran

Bola.com, Jakarta - Saat libur Lebaran banyak hal yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang dan bersantai sejenak dari segala urusan pekerjaan.

Namun, waktu dalam bersantai tersebut tidak boleh membuatmu terlena dan menjadi kurang bertenaga saat kembali bekerja nanti.

Setelah menikmati libur Lebaran, kamu tentu harus kembali bekerja, kembali ke rutinitas. Menyambut kembali tugas-tugas harian, terutama tumpukan pekerjaan di kantor.

Itulah mengapa kamu harus menjaga tubuh tetap fit agar segala urusan pekerjaan yang dilakukan bisa terlaksana dengan baik.

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terserang berbagai masalah kesehatan setelah libur Lebaran.

Rutin berolahraga dan menjaga pola makan menjadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tubuh tetap fit setelah libur Lebaran.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam cara agar tubuh tetap fit setelah libur Lebaran, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (24/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara agar Tubuh Tetap Fit setelah Libur Lebaran

1. Istirahat yang Cukup

Berkumpul dengan keluarga selama libur Lebaran dapat membuatmu lupa waktu, bahkan berpotensi kekurangan waktu tidur. Tidur yang cukup mampu menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Saat tidurmu cukup, sistem kekebalan tubuhmu akan meningkat sehingga dapat mengurangi risiko kamu tertular penyakit. Pastikan kamu tidur malam 7-8 jam sehari untuk memberi kesempatan tubuh mengisi energi kembali.

2. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Aktivitas bertemu banyak orang selama liburan Lebaran berpotensi meningkatkan risiko penularan penyakit. Namun, kamu dapat mencegah penularan penyakit dengan teratur mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersalaman, dan usai menggunakan toilet umum.

Selain kebersihan diri, kamu harus membersihkan lingkungan, termasuk lingkungan rumah dan sekitarnya. Selalu bersihkan rumah setelah acara kumpul-kumpul bersama keluarga. Lingkungan yang bersih akan menunjang terwujudnya hidup sehat.

3 dari 4 halaman

Cara agar Tubuh Tetap Fit setelah Libur Lebaran

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Selama libur Lebaran, usahakan untuk tetap aktif. Saat berwisata bersama keluarga selama liburan, sempatkan pergi berjalan kaki saat berada di area wisata. Dengan begitu, tubuhmu bisa lebih aktif bergerak sekaligus dapat menghabiskan waktu berwisata bersama keluarga.

Selain itu, kamu dapat meluangkan waktu di rumah untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Ajak serta anggota keluarga lainnya ketika berolahraga. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ruang terbuka seperti taman di lokasi tujuan liburanmu.

4. Menjaga Pola Makan

Berbagai macam makanan khas Lebaran memang menggiurkan, semisal opor ayam dan kue kering. Namun, mengonsumsi beragam makanan tersebut secara berlebihan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Seimbangkan asupanmu dengan menu makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak tak jenuh, protein, mineral, dan vitamin. Misalnya, kamu bisa memilih jus buah atau salad buah sebagai camilan, atau masukkan sayur-mayur ke menu makananmu.

4 dari 4 halaman

Cara agar Tubuh Tetap Fit setelah Libur Lebaran

5. Hindari Stres

Manfaatkan libur Lebaran sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga besar dan mengistirahatkan pikiran sejenak dari pekerjaan. Jangan sampai kamu terbawa stres, apalagi jatuh sakit.

Usahakan untuk tidak membawa peralatan yang biasa digunakan untuk bekerja, seperti laptop atau dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan.

Selain itu, bagi kamu yang mudik melalui jalur darat sering kali dihadapkan dengan kemacetan yang membuat stres. Untuk meminimalkan kemungkinan stres dan kelelahan, beristirahatlah setiap tiga jam sekali untuk melepas penat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 10/6/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer