Sukses


5 Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalan

Bola.com, Jakarta - Kondisi macet saat momen Lebaran berbeda dari kemacetan hari biasa. Pasalnya, tak hanya terjadi di jalan raya biasa, kondisi macet juga bisa terjadi di jalan tol lantaran membeludaknya kendaraan.

Kondisi macet bisa memicu stres banyak orang, terutama pengemudi dan para penumpang. Stres karena macet bisa mengganggu kesehatan mental dan juga fisik sehingga kondisi badan jadi drop.

Maka itu, penting bagi kamu mempersiapkan diri agar bisa menghindari stres saat macet. Lantas bagaimana cara mengatasi stres saat terjebak macet?

Kamu bisa menyimak beberapa cara di bawah ini yang dapat membantu kamu untuk mengatasi stres saat terjebak macet.

Berikut ini lima cara mengatasi stres saat macet di jalan yang bisa dicoba, dilansir dari Thenewswheel, Selasa (25/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalan

1. Mendengarkan Musik

Ketika kamu terjebak macet, kamu tidak pernah mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan sehingga bisa menyebabkan stres.

Kamu bisa mendengarkan lagu favorit sambil bernyanyi. Melakukan sesuatu yang santai akan memungkinkan untuk mendapatkan waktu pribadi yang mungkin tidak dimiliki.

2. Cari Posisi yang Nyaman

Gunakan pemanas atau pendingin udara seperlunya untuk membuatmu merasa nyaman. Jika mobilmu terasa pengap, bisa coba untuk membuka jendela jika cuaca bagus.

Jika kamu tidak nyaman saat macet, itu hanya akan meningkatkan tingkat stres dan emosi sehingga posisikan tubuh dan pikiran agar merasa nyaman untuk mengatasi stres di tengah padatnya lalu lintas.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalan

3. Tarik Napas dan Buang Perlahan

Semua masalah pasti akan berakhir, begitu juga kemacetan yang dihadapi. Apalagi jika kamu sudah menghabiskan hari yang panjang dan hanya ingin pulang cepat. Cobalah mengambil napas dalam-dalam sesekali dan embuskan.

Lakukan hal ini sebagai bentuk relaksasi untuk membuatmu lebih tenang, walau didera bisingnya suara klakson dan padatnya arus lalu lintas.

4. Ambil Camilan

Jika merasa stres pada situasi lalu lintas yang macet, coba periksa kondisi perut. Rasa lapar bisa membuat seseorang menjadi mudah marah dalam situasi apa pun.

Maka itu, menyimpan beberapa makanan ringan di mobil atau dalam tas untuk berjaga-jaga untuk situasi darurat merupakan ide bagus. Dengan begitu, pengendara dapat mengambil camilan untuk menenangkan perut dan hati untuk sementara.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalan

5. Menelpon Orang Terdekat

Stres saat terjebak dalam macet biasanya disebab karena kamu merasakan bosan yang berkepanjangan. Jika kamu melakukan perjalanan seorang diri, menelpon seseorang untuk menjadi teman bicara bisa menjadi solusi membunuh rasa bosan dan terhindar dari stres selama perjalanan.

Jika kamu melakukan perjalanan bersama anggota keluarga maka mengobrollah. Lontarkan juga candaan ringan untuk membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

 

Sumber: Thenewswheel

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer