Sukses


7 Bagian Tubuh yang Memerlukan Tabir Surya, Cegah Kanker Kulit

Bola.com, Jakarta - Mengenakan tabir surya, seperti sunscreen dan sunblock, menjadi hal wajib bagi kita yang berada di negara tropis, setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Hal ini karena paparan sinar matahari bisa begitu intens.

Apabila sinar matahari pagi memiliki manfaat baik karena dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D, tidak begitu halnya dengan paparan sinar matahari saat siang hari hingga menjelang sore.

Dilansir dari Klikdokter, kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama akan menjadi kemerahan dan terasa perih. Area kulit bagian mana pun yang terbakar akibat sinar matahari berisiko memiliki sel-sel abnormal yang kemudian berkembang menjadi kanker kulit.

Itulah mengapa, memakai tabir surya merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi kulit. Satu di antara manfaat menggunakan tabir surya adalah untuk menurunkan risiko kulit terpapar sinar matahari.

Ada beberapa bagian tubuh yang wajib diolesi tabir surya secara berkala. Bagian mana saja?

Berikut penjelasannya, bagian tubuh yang tidak boleh dilewatkan ketika mengaplikasikan tabir surya, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (30/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bagian Tubuh yang Memerlukan Tabir Surya

1. Kulit Sekitar Mata dan Kelopak Mata

Faktanya, kanker kelopak mata mencakup 5-10 persen dari seluruh kanker kulit. Pemakaian tabir surya dan kacamata hitam pada waktu bersamaan merupakan pertahanan baik terhadap kondisi tersebut.

Itulah mengapa pemakaian tabir surya untuk bagian tubuh ini diperlukan. Jangan lupa pilihlah kacamata hitam yang melindungi dari sinar UVA maupun UVB, yang menutupi sebagian besar area mata.

2. Antara Dahi dan Garis Rambut

Pria dan wanita yang sedang mengalami penipisan rambut sebaiknya menggunakan topi. Selain itu, bagian atas dahi dan garis rambut juga membutuhkan tabir surya. Pastikan tabir surya tersebut dioleskan hingga garis rambut.

Lalu, berhati-hatilah jika rambut dikepang karena kulit kepala Anda akan rentan pada bagian rambut yang ‘terbagi’. Sebaiknya gunakan tabir surya berbahan dasar gel agar lebih mudah pengaplikasiannya.

 

3 dari 4 halaman

Bagian Tubuh yang Memerlukan Tabir Surya

3. Bibir

Kulit bibir lebih tipis dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya, tidak memiliki kelenjar minyak, dan tidak mengandung melanin. Oleh sebab itu, tabir surya diperlukan untuk melindungi bagian tubuh ini.

Sinar matahari mudah membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, gunakan pelembap bibir dengan minimal SPF 15 sesering mungkin agar kesehatan bibir selalu terjaga.

4. Punggung, Belakang Lutut, dan Belakang Telinga

Meski letaknya tidak terlihat langsung oleh mata, bagian-bagian ini jangan sampai lupa untuk dioles tabir surya. Dilansir dari Cleveland Clinic, area telinga merupakan lokasi tersering ketiga untuk terjadinya kanker kulit.

Selain itu, meski punggung dan belakang lutut cenderung tertutup pakaian, tetap saja pakaian tidak dapat memberikan pertahanan yang cukup dari sinar UV.

5. Punggung Tangan dan Ujung Kaki

Penggunaan tabir surya untuk tubuh tidak boleh melupakan bagian punggung tangan dan ujung kaki. Bagian tubuh ini, terutama kulit jari kaki, lebih mudah terbakar jika tidak diolesi tabir surya secara berkala.

Pasalnya, kulit jari kaki tidak terpapar sinar matahari sepanjang tahun sehingga efeknya akan lebih parah ketika terpapar secara langsung.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya kembali setelah beraktivitas di bawah matahari dalam jangka waktu 2 jam atau lebih.

 

4 dari 4 halaman

Bagian Tubuh yang Memerlukan Tabir Surya

6. Leher dan Dada Bagian Atas

Leher, terutama bagian samping dan belakang, sangat rentan terpapar sinar UV. Hal yang sama juga berlaku pada area dada bagian atas yang tidak tertutup kaos.

Jadi, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya pada kedua bagian ini agar perlindungan dari sinar UV lebih menyeluruh.

7. Bagian yang Terutup Baju dan Celana Renang

Supaya tidak melupakan area ini, sebaiknya aplikasikan tabir surya untuk tubuh sebelum kamu menggunakan baju maupun celana renang.

Pasalnya, sama seperti punggung, sinar UV tetap dapat mencapai kulit, walau tertutup pakaian. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya, meski tubuh tertutup pakaian.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/11/2020)

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kesehatan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer