Sukses


Contoh Diskriminasi di Masyarakat yang Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Diskriminasi adalah sikap menunjukkan perbedaan antara orang-orang atau hal-hal. Sikap ini dapat menjadi sikap yang netral ataupun buruk, tergantung pada perilaku diskriminasinya seperti apa.

Diskriminasi juga bisa diartikan sebagai bentuk perlakuan tidak adil dan tidak seimbang, biasanya dilakukan untuk membedakan dan memetakan individu atau kelompok, berdasarkan sesuatu yang berupa atribut-atribut khas, seperti berdasarkan agama, ras, kesukubangsaan, atau keanggotaan dalam kelas-kelas sosial.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya).

Diskriminasi cenderung dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas. Hal dasar yang menyebabkan terbentuknya diskriminasi adalah adanya prasangka dan stereotip yang berkembang pada masyarakat.

Berikut contoh diskriminasi di masyarakat, dilansir dari lamanĀ Dosensosiologi, Rabu (3/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Contoh Diskriminasi di Masyarakat

  1. Diskriminasi yang diterima masyarakat Papua pedalaman di negerinya sendiri, orang Indonesia masih sering kali melakukan diskriminasi secara langsung maupun tidak langsung kepada mereka.
  2. Diskriminasi kepada keturunan China di Indonesia masih tinggi.
  3. Diskriminasi kepada kelompok minoritas yang terdiri dari suatu agama tertentu, di daerah yang mayoritasnya berbeda keyakinan.
  4. Diskriminasi yang diterima perempuan dalam lingkungan yang masih menekankan bahwa perempuan hanya boleh mengurusi urusan domestik.
  5. Diskriminasi tidak langsung yang perusahaan lakukan ketika membuat kriteria seleksi masuk pegawai sangat ketat dengan hal-hal fisik, tidak mengutamakan pada kompetensi.
  6. Diskriminasi yang ditujukan pada kaum pria dalam hubungan pacaran, konstruksinya pria yang akan berselingkuh, pria yang akan bermain kasar.
  7. Diskriminasi tidak langsung dirasakan oleh penyandang disabilitas dengan tidak tersedianya layanan dengan standar yang seharusnya disediakan di kampus, atau tempat-tempat umum lainnya.
  8. Diskriminasi berupa pem-bully-an sering kali didapatkan oleh penyandangĀ disabilitas di mana pun berada karena perbedaannya.
  9. Diskriminasi juga sering kali dirasakan para penyandang disabilitas yang tidak diterima dalam lowongan-lowongan kerja.
  10. Diskriminasi yang sering kali berkedok sebagai sanksi sosial dirasakan oleh para penderita penyakit HIV/AIDS, dianggap sebagai pembawa kesialan dan kehancuran.
  11. Diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS dengan menakut-nakuti bahwa tidak akan harapan untuk sembuh. Pada dasarnya, kematian hanya diketahui oleh Yang Maha Esa.
  12. Diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS yang secara signifikan dijauhkan dari pergaulan karena dianggap memiliki penyakit mematikan yang apabila menular akan merugikan orang banyak.
  13. Diskriminasi yang dilakukan oleh senior kepada junior di kampus.
  14. Diskriminasi yang dilakukan pimpinan perusahaan kepada bawahannya.
  15. Diskriminasi yang dilakukan orang-orang yang menempati kelas sosial atas terhadap orang-orang yang berada di kelas sosial bawah.

Ā 

Sumber: Dosensosiologi

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer