Sukses


6 Cara Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Bola.com, Jakarta - Produktivitas adalah satu di antara faktor penting yang menentukan kesuksesan di tempat kerja. Ketika dapat meningkatkan produktivitas, Anda akan dapat menyelesaikan tugas lebih efisien dan meningkatkan kualitas pekerjaan.

Selain itu, di era kerja yang makin kompetitif ini, meningkatkan produktivitas di tempat kerja menjadi penting untuk dilakukan oleh karyawan.

Namun, meningkatkan produktivitas tidak selalu mudah. Ada banyak hal yang dapat mengalihkan perhatian dan memperlambat kemajuan.

Ada beberapa cara dan strategi yang bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas di tempat kerja dan mencapai tujuan Anda dengan lebih efektif.

Berikut enam cara meningkatkan produktivitas di tempat kerja yang bisa Anda cermati, disadur dari Liputan6, Kamis (5/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

1. Membersihkan tempat kerja

Tempat yang bersih membuat pikiran jadi bersih juga, keadaan berantakan bisa membatasi kemampuan untuk fokus dan membatasi otak untuk memproses informasi.

Selain itu, lingkungan yang bersih dapat membuat nyaman dan mengurangi stres dalam bekerja. Jadi, singkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dan atur semua yang dibutuhkan.

Hiasi juga tempat kerja dengan hal-hal yang menginspirasi, seperti  foto teman dan keluarga, buku yang menginspirasi, dan sebagainya. 

2. Jauhkan Handphone

Handphone adalah gangguan terbesar karena kita bisa terganggu dengan pesan, media sosial, telepon, dan sebagainya.

Atur handphone ke mode diam, dan taruh di laci atau tas. Jika membutuhkan handphone, tetap letakan jauh dari tempat bekerja asal tetap terdengar jika berbunyi.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

3. Buat Daftar

Dengan membuat list dapat membantu untuk memperbesar produktivitas dan membuat tugas tertata. List juga membantu mengelompokkan dan mengingat hal-hal yang biasanya dilupakan.

Mempunyai daftar pekerjaan yang sudah atau belum dikerjakan membuat lebih fokus.

4. Istirahat Sebentar

Istirahat penting untuk menjaga produktivitas di tempat kerja, untuk kesejahteraan mental dan emosional. Regangkan kaki, berjalan-jalan, bicara dengan rekan kerja, atau makan makanan ringan.

Dengan cara ini akan membantu untuk tetap fokus dan terlibat dalam pekerjaan yang memungkinkan untuk menyelesaikan tugas dengan lebih akurat dan lebih sedikit kesalahan.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

5. Makan Makanan Ringan yang Sehat

Terkadang nutrisi diabaikan, padahal yang dibutuhkan otak adalah nutrisi dan makanan yang seimbang. Kendati junk food lebih mudah didapatkan, membuat lebih sulit untuk efektif.

Maka itu, pada saat berkerja, sebaiknya makan cemilan sehat seperti kacang, buah-buahan, dan cokelat karena bisa membantu meningkatkan daya otak.

6. Hadiahi diri sendiri

Siapkan hadiah untuk memotivasi diri sendiri, seperti membeli permen setiap satu tugas selesai atau makan siang di luar, hal- hal seperti ini bisa memberi semangat untuk menyelesaikan tugas.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Tiara Sekarini, Editor: Nurmayanti. Published: 24/2/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer