Sukses


Bacaan Doa dan Zikir setelah Salat Tahajud yang Bisa Sempurnakan Ibadah

Bola.com, Jakarta - Salat Tahajud adalah satu di antara bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt., salat Tahajud dapat membantu kita meraih keberkahan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Setelah menyelesaikan salat Tahajud, banyak orang mengisi waktu dengan membaca doa dan zikir. Namun, tidak semua orang tahu doa dan zikir apa yang sebaiknya dibaca setelah salat Tahajud.

Ada beberapa doa dan zikir setelah salat Tahajud yang dapat membantu kamu memperkuat hubungan dengan Allah Swt., menenangkan hati, dan memberikan kebahagiaan dalam hidup. 

Pada waktu sepertiga malam di mana salat Tahajud didirikan adalah waktu yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa dan niscaya akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Berikut bacaan doa dan zikir setelah salat Tahajud yang bisa sempurnakan ibadah, disadur dari Dream, Kamis (5/4/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa dan Zikir setelah Salat Tahajud

Membaca doa dan zikir setelah salat tahajud tidak hanya bertujuan untuk menyempurnakan salat dan memohon kepada Allah Swt. saja. Namun, juga bisa membuat hati lebih tenang dan menambah pahala dari Allah Swt.

Berikut adalah bacaan doa dan zikir setelah salat tahajud yang bisa diamalkan:

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Istighfar Sebanyak 100 Kali

Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.

Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.

Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.

Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya Aku mohon ampun kepada Allah.

Istighfar panjang: Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih, artinya Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya.

Selain membaca zikir di atas, umat muslim bisa menambahkannya dengan bacaan sayyidul istigfar. Bacaan ini pun juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

اللَّهُمَّأَنْتَرَبِّيلَاإِلَهَإِلَّاأَنْتَخَلَقْتَنِيوَأَنَاعَبْدُكَوَأَنَاعَلَىعَهْدِكَوَوَعْدِكَمَااسْتَطَعْتُأَعُوذُبِكَمِنْشَرِّمَاصَنَعْتُأَبُوءُلَكَبِنِعْمَتِكَعَلَيَّوَأَبُوءُلَكَبِذَنْبِيفَاغْفِرْلِيفَإِنَّهُلَايَغْفِرُالذُّنُوبَإِلَّاأَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku maka ampunilah aku. Sebab, tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa dan Zikir setelah Salat Tahajud

Setelah selesai membaca zikir, umat muslim bisa melanjutkannya dengan membaca doa setelah salat tahajud yang bacaanya sebagai berikut:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad saw. itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya kepada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Kemudian, setelah membaca doa setelah salat Tahajud dilanjutkan dengan membaca doa berikut:

رَبَّنَاآتِنَافِيالدُّنْيَاحَسَنَةًوَفِيالْآخِرَةِحَسَنَةًوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah lami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah : 201).

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 23/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer