Sukses


4 Perbedaan Teks Biografi dan Autobiografi yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Teks biografi dan autobiografi adalah jenis teks yang sering ditemukan dalam dunia sastra dan jurnalistik. Keduanya menceritakan kisah hidup seseorang, tetapi terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. 

Biografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, biasanya oleh seorang penulis atau jurnalis.

Biografi menceritakan perjalanan hidup seseorang dari awal hingga akhir, termasuk pencapaian dan pengalaman yang dialami.

Di sisi lain, autobiografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Autobiografi memberikan pandangan orang tersebut tentang kehidupannya, termasuk kesulitan, keberhasilan, dan pengalaman hidup yang dialaminya.

Dalam autobiografi, orang tersebut menceritakan kisah hidupnya dengan sudut pandang pribadi, dan memberikan gambaran yang lebih dalam tentang kehidupannya.

Perbedaan utama antara teks biografi dan autobiografi adalah siapa yang menulisnya. Biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis oleh orang yang menjalani hidupnya sendiri.

Untuk mengetahui lebih lanjut, bisa membaca perbedaan antara teks biografi dan autobiografi di bawah ini.

Berikut empat perbedaan teks biografi dan autobiografi yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman Salamadian, Kamis (4/5/2023).

2 dari 4 halaman

Perbedaan Teks Biografi dan Autobiografi

Berdasarkan Izin

Jika kita ingin membuat biografi seseorang, terkadang kita membutuhkan izin agar si penulis mendapatkan sebuah akses ke banyak orang terdekat dari tokoh tersebut.

Dengan adanya izin, penulis dapat mewawancarai langsung tokoh bersangkutan, keluarga dekat hingga kerabat/pesaing.

Pada saat buku itu akan dirilis, penulis akan mendapatkan banyak kepercayaan karena buku yang ditulis seizin tokoh yang ditulis.

Sedangkan, autobiografi tidak perlu meminta izin, karena penulis merupakan sudut pandang orang pertama. Ia dapat menulis apa pun mengenai dirinya sendiri sesuka hatinya, tidak perlu takut jika dituntut orang lain ataupun menuliskan kisah yang salah karena semua cerita itu berhubungan dengan dirinya sendiri.

Berdasarkan Gaya Bahasa

Narator dalam biografi biasanya akan menempatkan dirinya sebagai orang ketiga. Ia menceritakan tokoh sebagai karakter yang lain bukan dirinya sendiri.

Sedangkan, penulis autobiografi biasanya menempatkan dirinya sendiri sebagai orang pertama. Ia bercerita seperti orang yang bisa melakukan segala hal dalam cerita itu sendiri.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Teks Biografi dan Autobiografi

Berdasarkan Tujuan

Biografi ataupun autobiografi keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi. Bagaimana tokoh menjalani kehidupannya, mulai yang umum sampai ke hal yang detail.

Namun, pada autobiografi biasanya si penulis menambahkan rasa emosi saat melakukan hal dalam cerita karena penulis sendiri mengingat apa yang benar dirasakannya pada saat itu, dan penulis ingin menyampaikan perasaannya itu kepada para pembaca lewat ceritanya.

Berdasarkan Data

Ada perbedaan data pada saat menulis biografi atau autobiografi. Biogafi dengan mengumpulkan banyak data dari banyak orang sehingga ada kemungkinan pandangan yang berbeda-beda pada satu kejadian tokoh tersebut. Biografi dapat dikatakan lebih kaya dari sudut pandang.

Sedangkan, autobiografi murni pada ingatan pengalaman pribadi sendiri, apa yang dirasakan akan dicantumkan dalam autobiografi sehingga hasilnya adalah cerita lewat satu sudut pandang saja, yaitu tokoh itu sendiri.

4 dari 4 halaman

Contoh Biografi dan Autobiografi

Contoh Biografi

Adapun contoh biografi dalam bentuk buku biografi misalnya:

  • Melunasi Janji Kemerdekaan: Biografi Anies Rasyid Baswedan yang ditulis oleh Muhammad Husnil
  • Biografi Ibnu Khaldun: Kehidupan dan Karya Bapak Sosiologi Dunia yang ditulis oleh Muhammad Abdullāh Enan
  • Biografi Abu Bakar ash-Shiddiq yang ditulis oleh Dr. Muhammad Husain Haikal
  • Fajar Kebangunan Ulama: Biografi KH. Hasyim Asy'ari yang ditulis oleh Drs. Lathiful Khuluk, M.A.

Contoh Autobiografi

Contoh autobiografi dalam bentuk buku autobiografi misalnya:

  • Titik-Titik Kisar di Perjalananku: Autobiografi Ahmad Syafii Maarif yang ditulis oleh Ahmad Syafii Maarif
  • Alex Ferguson, Autobiografi Saya yang ditulis oleh Alex Ferguson
  • Menerobos Kegelapan Sebuah Autobiografi Spiritual yang ditulis oleh Karen Amstrong

 

Sumber: Salamadian

 Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer