Sukses


Macam-Macam Gaya dan Contohnya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan suatu benda bergerak atau berpindah tempat.

Menarik atau mendorong benda yang menyebabkan benda menjadi bergerak alias berpindah tempat merupakan suatu gaya.

Adapun gaya bisa diukur memakai alat yang disebut neraca pegas atau dinamometer sementara satuan gaya dinyatakan dalam Newton dan dilambangkan dengan huruf N.

Gaya terbagi menjadi dua jenis, yakni gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam gaya beserta contohnya, dilansir dari lamanĀ 99, Senin (8/5/2023).

2 dari 5 halaman

Macam Macam Gaya dan Contohnya

1. Gaya Magnet

Gaya magnet merupakan kekuatan yang menarik jarum, paku, atau benda logam lain yang berada di sekitarnya. Sebagai pengingat, benda yang mengandung gaya magnet hanya mampu menarik benda berbahan besi atau baja.

Adapun bentuk magnet yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam, di antaranya magnet berbentuk huruf "U", silinder, lingkaran, dan bentuk batang.

2. Gaya Otot

Sebagian besar gerakan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari acapkali menggunakan gaya otot dan menghasilkan perubahan energi.

Gaya otot adalah kekuatan yang dapat dihasilkan oleh otot manusia.

Contohnya adalah menarik benda, mendorong meja, atau bahkan mengangkat barang.

3. Gaya Listrik Statis

Kekuatan yang dimiliki suatu benda bermuatan listrik untuk menarik benda di sekitarnya disebut dengan gaya listrik statis.

Kamu dapat menggosokkan penggaris plastik ke rambut dalam beberapa saat kemudian mendekatkan penggaris tersebut ke potongan-potongan kertas kecil.

Nantinya, potongan kertas kecil akan menempel ke penggaris plastik tersebut. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa penggaris mempunya gaya listrik statis setelah digosokkan ke rambut.

3 dari 5 halaman

Macam Macam Gaya dan Contohnya

4. Gaya Pegas

Macam-macam gaya yang juga sering kita jumpai dalam keseharian adalah gaya pegas. Gaya pegas dapat dihasilkan dari karet atau pegas yang direnggangkan.

Contoh gaya ini terlihat pada gerakan anak panah yang dilepaskan.

Saat kamu memanah, karet yang ditarik bakal menghasilkan gaya pegas.

5. Gaya Gravitasi

Gaya bumi yang menarik benda ke bawah disebut dengan gaya gravitasi. Inilah yang menyebabkan semua benda di bumi selalu mengarah ke bawah jika jatuh.

Guna membuktikan adanya gaya gravitasi, kamu bisa melemparkan bola ke atas. Nantinya, bola tersebut akan kembali ke bawah.

6. Gaya Gesek

Macam-macam gaya selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah gaya gesek. Gata gesek termasuk macam-macam gaya yang terjadi dari gesekan antara dua benda.

Contoh gaya ini dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui ketika berjalan.

Gesekan antara telapak kaki dan lantai membuat kita bisa berjalan dengan aman tanpa terjatuh.

4 dari 5 halaman

Macam Macam Gaya dan Contohnya

7. Gaya Mesin

Macam macam gaya selanjutnya yang sering ditemui adalah gaya mesin. Gaya ini dihasilkan dari kinerja sebuah mesin, seperti mesin kendaraan atau berbagai mesin dari alat elektronik.

8. Gaya Listrik

Gaya listrik adalah sebuah gaya yang dihasilkan lantaran adanya aliran listrik.

Contohnya dapat kamu temui pada sejumlah alat elektronik seperti kapasitor kipas angin yang diberi aliran listrik kemudian berubah menjadi energi gerak.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Gaya dan Contohnya

9. Gaya Tegangan

Gaya tegangan merupakan macam gaya yang timbul karena adanya media tali, kabel, atau kawat yang bisa ditarik kencang oleh gaya dari ujung yang berlawanan.

Contohnya adalah saat menderek mobil menggunakan tali kencang yang mentransfer gaya tegangan ke kendaraan yang terpasang.

10. Gaya Hambatan Udara

Terakhir, gaya hambatan udara termasuk macam-macam gaya karena adanya gesekan pada benda saat bergerak di udara.

Gaya ini dapat terlihat pada objek yang bergerak pada kecepatan tinggi.

Ā 

Sumber: 99

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer