Sukses


Contoh Paragraf Campuran dalam Teks Bahasa Indonesia

Bola.com, Jakarta - Paragraf adalah satu di antara bagian yang tak bisa dipisahkan dari teks. Pasalnya, paragraf menjadi satu di antara satuan bahasa pembentuk teks.

Berdasarkan ide pokoknya, paragraf dibedakan menjadi tiga, yakni deduktif, induktif, dan campuran.

Paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki dua kalimat utama. Paragraf utama sering kali disebut dengan paragraf deduktif-induktif.

Paragraf deduktif-induktif adalah paragraf yang kalimat topiknya terdapat di awal dan akhir. Meski terdapat dua kali pemunculan kalimat topik, bukan berarti gagasan utamanya ada dua.

Adanya dua kalimat topik itu hanya sebagai bentuk pengulangan gagasan utama sekaligus untuk mempertegas informasi yang disampaikan.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh paragraf campuran, disadur dari Merdeka, Senin (8/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Paragraf Campuran dalam Teks Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Campuran Pertama

Permainan sepak bola menuntut seorang pemain memiliki kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik. Jadi, teknik dasar yang baik perlu dikuasai dan diterapkan seorang pemain dalam permainan sepak bola.

Contoh Paragraf Campuran Kedua

Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan makhluk hidup. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. Hutan memang seharusnya dijaga karena bermanfaat bagi kehidupan.

Contoh Paragraf Campuran Ketiga

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor risiko yang paling besar yang menyebabkan seseorang terserang penyakit jantung koroner. Hampir 80 persen penderita jantung koroner di Eropa disebabkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Bahkan, di Amerika, hampir 90 persen penderita jantung koroner disebabkan penderita makan makanan yang berkadar kolesterol tinggi. Begitu juga di Asia, sebagian besar penderita jantung koroner disebabkan oleh pola makan yang banyak mengandung kolesterol. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

3 dari 3 halaman

Contoh Paragraf Campuran dalam Teks Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Campuran Keempat

Jeruk nipis ternyata memiliki beragam manfaat. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati batuk secara alami. Jeruk nipis juga dapat dijadikan minuman untuk menyegarkan tenggorokan. Selain itu, dapat juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Jadi, jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

Contoh Paragraf Campuran Kelima

Gangguan pada telinga yang disebut microtia ternyata dapat terjadi sejak dalam kandungan. Microtia adalah keadaan atau bentuk daun telinga yang lebih kecil dari bentuk normal. Kasus ini biasanya terjadi karena adanya faktor genetik. Microtia dapat disebabkan oleh obat-obatan atau faktor rubella yang terjadi pada sang ibu. Hal ini pun mengakibatkan pembentukan telinga pada janin tidak sempurna. Dengan demikian, kemungkinan seseorang mengalami microtia dapat terjadi sejak di dalam kandungan.

Contoh Paragraf Campuran Keenam

Para ibu di Indonesia memanfaatkan tanaman herbal untuk meningkatkan produksi ASI. Adapun istilah dalam pemanfaatan tanaman herbal untuk menyusui disebut laktagogue. Di Indonesia banyak tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk meningkatkan volume ASI, di antaranya daun kelor, kacang-kacangan, daun katuk, dan berbagai jenis tanaman lainnya. Tanaman-tanaman herbal tersebut juga sudah terbukti oleh para ahli dapat meningkatkan kadar prolaktin, oksitosin, dan bisa mendorong bertambahnya berat badan pada bayi. Oleh karena itu, banyak dari ibu di Indonesia yang lebih memanfaatkan tanaman herbal untuk memperbanyak volume ASI mereka.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 15/11/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer