Sukses


Tak Hanya di SEA Games 2023, Insiden Bendera Merah Putih Terbalik Pernah Terjadi di Malaysia pada 2017

Bola.com, Phnom Penh - Inisiden memalukan terjadi pada pre show opening ceremony SEA Games 2023. Indonesia mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan, karena bendera Merah Putih dikibarkan dalam posisi terbalik.

Insiden itu terjadi di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023). Dalam acara gladi bersih SEA Games 2023 tersebut, bendera Indonesia dikibarkan menjadi putih merah.

Bendera tersebut tentu tak sesuai dengan milik Indonesia yakni Merah Putih. Bendera tersebut lebih cocok untuk Polandia yang memang punya warna identik, namun dalam keadaan terbalik.

Beruntung insiden tersebut terjadi pada kegiatan pre show bukan upacara pembukaan SEA Games 2023. Pengalaman tidak mengenakkan ini ternyata bukan yang pertama dialami oleh Indonesia pada ajang SEA Games.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mirip Insiden 2017

Insiden terbaliknya bendera Indonesia pada SEA Games 2023 mengulang kenyataan pahit yang pernah terjadi pada 2017. Ketika itu, bendera Indonesia menjadi Putih Merah pada buku panduan SEA Games di Malaysia.

Kejadian memalukan tersebut sempat membuat geram Menteri Pemuda Olahraga Indonesia saat itu, Imam Nahrawi. Nota protes kemudian diajukan ke panitia penyelenggara SEA Games 2017.

"Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games. Jelas kami akan protes kepada panitia penyelenggara SEA Games (Masoc)," tegas Imam Nahrawi kala itu.

3 dari 4 halaman

Malaysia Minta Maaf

Pemerintah Malaysia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Khairy Jamaluddin, ketika itu langsung bergerak cepat meminta maaf kepada Indonesia. Menurut Khairy mengaku pihaknya khilaf dan tidak memiliki niat apapun atas inisden tersebut.

"Bapak Imam, mohon terima permintaan maaf saya yang tulus atas ini. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf," kata Khairy Jamaluddin saat itu.

Kini, masyarakat Indonesia menanti permintaan maaf dari Kamboja atas kesalahan dalam penempatan bendera Indonesia di SEA Games 2023. Menarik untuk menantikan kelanjutan dari insiden tersebut.

4 dari 4 halaman

Bola.com Eksklusif dari Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer