Sukses


Cerita dari Opening Ceremony SEA Games 2023: Nyaris Enggak Bisa Pulang, Sampai Minta Tolong Orang Kamboja

Bola.com, Phnom Penh - Pengalaman tak menyenangkan didapat tim Bola.com yang meliput SEA Games 2023 di Kamboja. Kami kesulitan mendapatkan kendaraan taksi online selepas opening ceremony di Morodok Techo Stadium, Jumat (6/5/2023) malam.

Kami baru bisa keluar dari area Morodok Techo Stadium sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Lemahnya sinyal membuat kami harus keluar menuju gerbang utama stadion tersebut untuk mencari taksi online.

Meski sudah ada di main gate Morodok Techo Stadium, tak mudah bagi kami menemukan taksi online. Tuk Tuk sebenarnya ada, tetapi karena pertimbangan jarak dan keamanan, kami tetap mantap menggunakan taksi online dengan kendaraan konvensional.

Perlu diketahui, Morodok Techo Stadium yang digunakan sebagai venue opening dan closing ceremony SEA Games 2023 terletak jauh dari keramaian kota. Jarak dengan pusat kota bisa mencapai 15km dengan tarif sebesar $12.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Venue ke Main Gate Terlalu Jauh

Selain itu, jarak antara main gate dengan venue bisa mencapai 500 meter, dan tidak ada shuttle bus yang mengangkut rombongan wartawan dari panitia lokal.

Kami yang sudah lelah pun kembali harus berjalan menuju main gate. Ketika sampai pun taksi online yang available sangat sedikit.

Setelah menunggu lagi hampir setengah jam, kami akhirnya mendapatkan taksi online dan tidak jadi menginap di Morodok Stadium

 

3 dari 5 halaman

Tidak Sendirian

Kami tidak sendirian. Sebab saat itu ada empat rombongan tim wartawan dari media berbeda yang juga merasakan hal serupa.

Kami menyayangkan tidak disediakannya sarana transportasi yang memadai selama meliput SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

Selain itu, minimnya informasi juga membuat kami kehilangan arah. Bahkan banyak volunteer yang tidak bisa berbahasa Inggris dan tidak mengetahui informasi-informasi dasar.

 

4 dari 5 halaman

Minta Tolong Orang Lewat

Kami nyaris putus asa menunggu taksi online sampai akhirnya notifikasi di handphone muncul. Apes, mobil tersebut nyasar!

Bingung harus bagaimana, kami meminta tolong warga Kamboja yang lewat untuk berbicara dengan sopir taksi yang entah ada di mana.

Akhirnya, mobil yang ditunggu-tunggu tiba. Kami bisa kembali ke hotel dengan selamat.

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2023 Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer