Sukses


Bacaan Doa sebelum dan sesudah Belajar yang Bisa Diamalkan

Bola.com, Jakarta - Doa sebelum dan sesudah belajar merupakan satu di antara amalan yang diwarisi oleh umat Islam sejak zaman Rasulullah.

Doa ini diyakini bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan memperoleh keberkahan dari Allah dalam proses belajar.

Di dalam Al-Qur'an, Allah menyeru kita untuk memohon ilmu pengetahuan sebagai bentuk pengabdian kita kepada-Nya.

Menjelang belajar dan sesudahnya, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Doa sebelum dan sesudah belajar perlu diamalkan agar ilmu yang dipelajari benar-benar memberikan cahaya kebaikan.

Dalam rangkaian bacaan doa sebelum dan sesudah belajar, kamu akan mengetahui tentang keutamaan belajar dan mendalami ilmu pengetahuan.

Kamu juga akan mengetahui bahwa belajar itu tidak hanya berguna untuk kehidupan di dunia saja, tetapi juga untuk kehidupan di akhirat kelak.

Berikut bacaan doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa diamalkan, disadur dari Dream, Senin (8/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar 1

Rodlittu billahi robba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.

Artinya:

"Kami rida bahwa Allah Swt. sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

Doa Sebelum Belajar 2 

Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.

Artinya:

"Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Zat Yang Maha Penyayang."

Doa Sebelum Belajar 3 

Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang saleh."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa sesudah Belajar

Doa Sesudah Belajar 1

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya."

Doa Sesudah Belajar 2 

Allaahumma innii istaudi'uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam."

Doa Sesudah Belajar 3

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa’una wa zidna 'lman walhamdulillahi 'ala kulihal.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 8/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer