Sukses


Resep Indonesia Panen Medali Kun Bokator di SEA Games 2023: Rela Bolak-balik dan Rekrut Pelatih Kamboja

Bola.com, Phnom Penh - Tim Indonesia tampil gemilang pada cabang kun bokator pada SEA Games 2023 di Kamboja. Bahkan, capaian mereka melebihi target. 

Tim kun bokator Indonesia sukses menyabet tiga emas, dua perak, dan enam perunggu di SEA Games 2023.  

Pundi-pundi medali emas itu didapatkan dari Moch Martin Ramadhan, Tedi Hidayat, dan Sendiagi Putra di nomor Bare Hand Form Group Putra.

Emas kedua dari nomor Bare Hand Form Group Putri atas nama Rana Oktavia, Riva Hijriah, Eni Tri Susilowati. Satu lagi dari Gema Nur Arifin dan Yazid Hanifam Kurniawan pada nomor Duo Group Performance Putra.

Pelatih Kun Bokator Indonesia, Indra Wardhana, mengatakan untuk jumlah medali emas di SEA Games 2023 sudah sesuai target. Akan tetapi, dia tidak menyangka bisa dapat tambahan medali perak dan perunggu yang bahkan jumlahnya masing-masing lebih dari satu keping.

"Kalau kami memang melebihi target karena dari awal kita tidak berpikir sama sekali masalah medali yang lain. Yang kita pikir hanya di emas saja tiga, tapi ternyata yang lainnya pun kita dapat medalinya," kata Indra Wardhana, melalui rilis yang diterima Bola.com dari NOC Indonesia. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Resep Sabet Banyak Medali

Terpenuhinya target tiga medali emas ini tentu patut diapresiasi. Kun Bokator merupakan cabang olahraga (cabor) yang baru dipertandingkan di SEA Games tahun ini.

Kun Bokator merupakan seni bela diri yang ditemukan pada masa kerajaan Khmer dan sudah berumur lebih dari 1.000 tahun.

"Karena kami berusaha untuk mendapatkan medali emas, jadi benar-benar semua berlatih. Yang kedua, kami membawa pelatih asli dari Kamboja ke Indonesia," ucap Indra

"Kebetulan saya pun mondar-mandir di sini untuk mempelajari masalah aturan dan teknik detail semuanya," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Dapat Apresiasi

Melihat pencapaian Kun Bukator yang berhasil memenuhi target, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, mengaku sangat bangga dengan prestasi ini. Apalagi, Tim Kun Bokator Indonesia berhasil menorehkan tinta emas di tanah kelahiran olahraga tersebut.

"Terima kasih Tim Kun Bokator Indonesia yang telah berhasil mencapai target tiga medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Pencapaian ini sangat spesial karena diraih di negara kelahiran olahraga Kun Bokator itu sendiri, yang berasal dari Kamboja," ujar CdM yang akrab disapa Lexy tersebut.

"Keberhasilan mencapai target ini juga membuktikan Indonesia mampu bersaing di Kun Bokator. Meskipun, Kamboja sangat kuat di olahraga ini, tapi kita telah berhasil membuktikan kepada mereka bahwa Indonesia bisa menaklukkan mereka, dengan mengibarkan Merah - Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Simak Laporan Langsung dari Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer