Sukses


Cara Mengatasi Rasa Cemas saat di Kantor

Bola.com, Jakarta - Rasa cemas umum ditemui dalam situasi bekerja di kantor. Penyebabnya beragam. Jam kerja yang panjang, stres tinggi, atau kurangnya dukungan dari manajer dan rekan kerja, dapat menyebabkan seseorang mengembangkan kecemasan saat bekerja.

Kecemasan bisa ditandai dengan perasaan gelisah dan khawatir. Sementara itu, dari kondisi fisik, gejala cemas ditandai dengan pusing, mulut kering, sakit kepala, dan lainnya.

kecemasan merupakan hal normal dan sering terjadi ketika seseorang merasa tidak yakin mampu menghadapi permasalahan tertentu.

Kendati begitu, cemas saat bekerja harus ditangani dengan baik. Bila dibiarkan begitu saja, rasa cemas bisa memengaruhi performa kerjamu.

Berikut cara mengatasi rasa cemas saat di kantor, disadur dari Klikdokter, Rabu (10/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Rasa Cemas saat di Kantor

1. Bicarakan dengan Atasan

Tidak semua orang bisa nyaman menceritakan rasa cemasnya kepada bos atau atasannya. Sebagian orang takut bila dianggap lemah atau tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal.

Akan tetapi, berbicara kepada atasan kemungkinan dapat membantumu. Atasanmu dapat memberikan saran atau menawarkan bantuan agar kamu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efektif.

2. Bercerita ke Rekan Kerja

Apabila punya rekan kerja yang bisa dipercaya, tidak ada salahnya kamu menceritakan apa yang dirasakan di tempat kerja.

Dukungan dari rekan kerja bisa membuatmu merasakan adanya dukungan sosial sehingga stres bisa sedikit mereda.

3. Tahu Kapasitas Diri

Beban kerja yang harus diselesaikan dapat membuatmu cemas. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah memahami kemampuanmu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Mengenal kapasitas diri bisa membantu mengatasi rasa cemas saat di kantor. kamu juga dapat Ini menemukan strategi guna menentukan kapan kamu harus bekerja dan beristirahat.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui batas kemampuan diri adalah fokus ke pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu bisa melakukan beberapa tugas penting.

Setelah itu, luangkan sedikit waktu agar tidak mudah jenuh dengan pekerjaan. Kamu bisa melakukan meditasi singkat atau berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor saat jam istirahat.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Rasa Cemas saat di Kantor

4. Lakukan Hal-hal yang Bisa Mengurangi Kecemasan

Cemas saat di kantor dapat dikurangi dengan beberapa cara seperti quick coping strategies dan grounding.

Quick coping strategies merupakan cara mengatasi kecemasan dengan melakukan latihan pernapasan, mengobrol dengan rekan kerja, atau nonton video lucu yang dilakukan dalam beberapa menit.

Sementara itu, grounding merupakan cara untuk mengalihkan perhatian terhadap suatu hal lain secara positif. Grounding dilakukan dengan melibatkan indra agar kamu bisa terhubung dengan hal-hal di sekitar. Contoh dari grounding adalah:

  • Memegang benda di sekitar, misalnya gelas.
  • Mendengarkan suara yang menenangkan.
  • Memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekitar.
  • Mencium aroma wangi.
  • Mengonsumsi makanan bercita rasa kuat seperti lemon atau jeruk nipis.

5. Melakukan Kebiasaan Hidup Sehat

Kecemasan bisa mengganggu waktu istirahat kamu. Meski demikian, kamu harus tetap tidur atau istirahat cukup. Kecemasan yang mengganggu jam istirahat dapat menyebabkan kondisi kesehatan menurun.

Selain itu, konsumsi makanan kaya nutrisi dan rutin berolahraga akan membantu meredakan stres.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/3/2022)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer