Sukses


Cara Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris bagi Pemula

Bola.com, Jakarta - Keterampilan bahasa Inggris menjadi kebutuhan penting dalam era globalisasi saat ini. Bahasa Inggris adalah bahasa universal yang digunakan di berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, teknologi, dan lain sebagainya.

Itulah mengapa meningkatkan keterampilan bahasa Inggris menjadi suatu hal penting, terutama bagi pemula yang ingin memulai belajar bahasa Inggris.

Kadang untuk mempelajari suatu bahasa asing memang dibutuhkan niat yang ekstra karena sesuatu yang asing bagi kita, butuh waktu yang tidak sebentar untuk memahaminya.

Sekarang pun bahasa Inggris telah menjadi standar wajib kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar lebih terampil dalam berbahasa Inggris, khususnya bagi mereka yang masih pemula.

Berikut beberapa cara meningkatkan keterampilan bahasa Inggris bagi pemula, disadur dari Liputan6, Kamis (11/5/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris bagi Pemula

Pelajari kata-kata dasar

Sebelum kamu ingin memulai belajar bahasa Inggris dengan berbicara kepada orang asing, coba mulai dulu dengan menghafal kata-kata dasar yang sering diucapkan secara umum.

Carilah kata-kata yang diucapkan dalam kegiatan sehari-hari untuk memudahkan kamu menghafalnya. Kata tersebut bisa berupa; aku, kamu, anda, kita, apa kabar, sedang apa, mau kemana, terima kasih, selamat pagi/siang/malam, dan yang lainnya.

Menonton film berbahasa Inggris

Banyak dari kita suka menonton film, entah itu yang bergenre komedi, horor atau yang romantis sekalipun. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris.

Cukup mudah, kamu tinggal mencerna dan kemudian menghafal secara berulang-ulang kata-kata dari dialog yang ada di film tersebut.

Jika sudah paham sekiranya, coba berlatih untuk menghafal dengan menonton film tersebut tanpa menggunakan subtitle. Hal ini akan mempertajam ingatan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris bagi Pemula

Mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menghafalnya

Selain itu, ada cara lain yang juga membuatmu efektif untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa dengan cara mendengarkan lagu favoritmu kemudian kamu bisa mulai dengan menulis liriknya tersebut.

Setelah itu, lirik lagu tersebut bisa kamu tulis ulang dan kamu terjemahkan apa arti dan maknanya dalam bahasa Indonesia untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang agar kamu bisa dengan mudah menghafal setiap arti kata dalam lirik lagu tersebut.

Membuat kamus yang berisi kosakata

Setelah kamu menghafal dialog film dan lirik bahasa Inggris yang kamu suka, kamu perlu melakukan hal ini. Yap, cobalah setiap kata yang kamu hafal dari film dan lagu tersebut kamu tuangkan kembali dalam bentuk tulisan.

Kamu bisa mengumpulkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kamus kosakata yang bisa kamu gunakan untuk menghafal kata-kata yang telah kamu pelajari. Hal ini akan membuatmu lebih mudah untuk mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris bagi Pemula

Belajar lewat video atau podcast

Di dunia digital yang sudah serbacanggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Cobalah akses berbagai macam video atau podcast yang bisa membantu kamu memperdalam kemampuan berbahasa asing.

Banyak platform streaming untuk kamu bisa belajar soal bahasa Inggris lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan seterusnya.

Tidak hanya itu, bermain gim bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Hal ini karena panduan dalam sebuah video gim menggunakan bahasa Inggris. Jadi, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan dapat memahami makna dari kata yang ada dalam game itu.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Muhammad Disha Brahmana Putra. Editor: Yulia LIsnawati. Published: 19/12/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer