Sukses


4 Contoh Kata Pengantar Laporan yang Bisa Dijadikan Referensi Penulisan

Bola.com, Jakarta - Kata pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Biasanya peletakan kata pengantar ditaruh di bagian halaman awal suatu karya tulis setelah judul atau cover.

Kata pengantar harus menggunakan kalimat efektif serta sesuai PUEBI, dengan tujuan agar pembaca mudah memahami isinya.

Umumnya, dalam kata pengantar berisi puji-pujian, rasa syukur, perkataan terima kasih, sampai ke gambaran singkat dari isi karya tulis ilmiah yang hendak diulas.

Di sisi lain, banyak orang yang masih kebingungan membuat kata pengantar laporan yang baik dan benar.

Untuk memudahkan dalam proses penulisannya, kamu dapat menyimak beberapa contoh kata pengantar untuk laporan, di bawah ini.

Berikut ini empat contoh kata pengantar laporan, dikutip dari laman Saintif dan Contohsurat, Rabu (10/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh 1 Kata Pengantar Laporan

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah yang telah memberikan kesehatan dan kekuatan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan laporan PKL ini.

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini berjudul "Analisis Laporan Keuangan di Dinas Sosial Kabupaten Garut". Kerja Praktik Lapangan telah penulis laksanakan di Dinas Sosial Kabupaten Garut, jalan Maleber Raya No 02.

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa S1 fakultas ekonomi STMIK LIKMI, Bandung.

Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk mempraktikkan semua teori yang dipelajari di fakultas dengan pengaplikasian di lapangan.

Penulis membahas secara terperinci bagaimana pengaruh pemberian bonus terhadap kinerja karyawan.

Dalam penulisan laporan ini kami ucapkan banyak terima kasih kepada setiap pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan dan pelaksanaan PKL hingga selesai.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada para staf Dinas Sosial kabupaten Garut. Penulis juga haturkan terima kasih kepada para dosen pembimbing STMIK LIKMI Bandung.

  • Ir. Soemaryono
  • Prof. Ahmad Dahlan
  • Dr. Dede Maryana, M.Si
  • Drs. Sulmi, SE

Penulis menyadari bahwa laporan PKL ini memiliki banyak kekurangan. Penulis terbuka dan menerima setiap kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.

Akhir kata, penulis berharap laporan PKL ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi mahasiswa/i STMIK LIKMI, Bandung.

Bandung, Maret 2020

 

Penulis

3 dari 5 halaman

Contoh 2 Kata Pengantar Laporan

Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kami ke hadirat Allah Swt. sehingga penulis telah menyelesaikan laporan kunjungan Industri ke PT Yakult Persada ini dengan tepat waktu.

Satu di antara tujuan penulis dalam menulis laporan kunjungan industri ini adalah sebagai dokumentasi dan juga bentuk evaluasi kegiatan kunjungan industri. Laporan yang penulis buat ini berdasarkan data-data yang valid yang telah dikumpulkan dalam berbagai metode.

Penulis menyampaikan terima kasih pada beberapa pihak yang ikut mendukung proses pembuatan laporan ini hingga selesai, yaitu:

1. Bapak Marjinan Saprudin S. Pd, M. Pd, selaku Kepala Sekolah SMKN 13 Bandung yang sudah mengizinkan penulis melakukan kunjungan industri.

2. Bapak Ibu guru SMKN 13 yang telah membimbing penulis selama kegiatan kunjungan berlangsung.

3. Orang tua penulis sebagai pendukung utama segala kegiatan yang penulis lakukan.

Penulis menyadari atas ketaksempurnaan penyusunan laporan kegiatan kunjungan industri ini, tetapi penulis tetap berharap laporan ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca. Demi kemajuan penulis, penulis juga mengharapkan adanya masukan berupa kritik atau saran yang berguna. Terima kasih.

Bandung, 8 Januari 2020

 

Penulis

4 dari 5 halaman

Contoh 3 Kata Pengantar Laporan

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Allah Swt. atas rahmat-Nya yang melimpah. Atas terselesaikannya kegiatan magang di PT. Mandiri Bank Indonesia cabang Bandung.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia. Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT. Mandiri Bank Indonesia cabang Bandung.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka, penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait itu di antaranya sebagai berikut:

1. Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.

2. Bapak Dadang Nurzaman selaku ketua PT Mandiri Bank Indonesia.

3. Karyawan dan karyawati PT Mandiri Bankk Indonesia yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.

4. Orang tua dan teman-teman penulis terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi, terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung, 22 Desember 2019

 

Penulis

5 dari 5 halaman

Contoh 4 Kata Pengantar Laporan

Puja dan puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan segala nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga laporan study tour dengan tema Pesona Indah Pulau Lombok ini dapat diselesaikan sesuai rencana dan waktu yang ditargetkan.

Laporan terkait study tour yang singkat dan sederhana ini sengaja kami susun dalam rangka memenuhi tugas dari pelajaran Bahasa Indonesia oleh guru kami yang bernama Ibu Siti Sofiyah, M.Hum. Laporan mengenai study tour ini tentu saja tidak akan selesai tanpa adanya bantuan serta dukungan dari berbagai pihak. Maka itu, kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  • Allah Swt. yang telah memberikan kekuasaan serta rida-Nya kepada kami, mulai rangkaian acara study tour hingga pembuatan laporan ini sampai selesai.
  • Bapak Suherman sekali kepala sekolah SMA Negeri 5 Kediri yang telah mendorong dan mendukung acara study tour kami.
  • Semua guru-guru SMA yang mendampingi dan memberikan bekal ilmu kepada kami sehingga kami bisa mengerti mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan.
  • Kedua orang tua yang senantiasa memberikan doa dan dukungannya baik secara moral ataupun material kepada anak-anaknya sehingga anak-anaknya bisa mengenyam pendidikan yang terbaik.
  • Seluruh teman-teman dari SMA Negeri 5 Kediri serta semua pihak lainnya yang tidak dapat kami sebut satu per satu, yang juga ikut mendukung kami serta memberikan motivasi dan dukungan kepada kami.

Tentu saja tidak ada gading yang tidak retak. Demikian pula dengan laporan study tour kami. Dengan sepenuhnya, penulis menyadari bahwa laporan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan sekalipun sudah dikerjakan oleh banyak orang. Maka itu, semua bentuk kritik dan saran yang membantun sangat kami harapkan dan tentu saja akan kami terima dengan senang hati. Dengan begitu, akan menjadi suatu pelajaran berharga untuk kami supaya bisa menulis laporan yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Semoga laporan study tour ini bisa memberikan manfaat untuk semua pembaca dan bisa membantu meningkatkan martabat bangsa Indonesia.

Lombok, 13 Juni 2018

 

Kelompok 5

 

Sumber: Saintif, Contohsurat

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer