Sukses


Daftar Makanan yang Harus Dihindari bagi Pengidap Lupus

Bola.com, Jakarta - Lupus adalah satu di antara penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh malah menyerang diri sendiri alih-alih melindunginya.

Lupus adalah penyakit peradangan jangka panjang yang dapat merusak berbagai organ tubuh, seperti kulit, persendian, sel darah, paru, jantung, ginjal, hingga otak.

Lupus dijuluki sebagai penyakit seribu wajah karena kelihaiannya untuk meniru gejala penyakit lain. Sementara itu, penyebab dari lupus masih belum diketahui hingga saat ini.

Penyakit lupus tidak bisa disembuhkan, tetapi pengidap dituntut untuk tidak sembarangan memilih makanan. Hal ini agar dapat membantu mencegah kambuh dan memperburuk kondisi.

Berikut ini daftar makanan yang harus dihindari bagi pengidap lupus, penting diperhatikan, dikutip dari laman Hopkinslupus dan Lupusnewstoday, Rabu (10/5/2023).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan

1. Bawang Putih

Bagi pengidap lupus, hindari konsumsi bawang putih. Kandungan bawang putih berupa tiosulfinat dan allicin dapat membuat sistem kekebalan terpengaruh sehingga lupus mengalami kekambuhan.

2. Sayuran Nightshade

Lupus dapat kambuh saat seseorang mengonsumsi sayuran yang masuk kategori nightshade, seperti terong, kentang, dan tomat. Jenis sayur ini dapat meningkatkan tingkat sensitif tubuh sehingga lupus mengalami kekambuhan. Maka itu, hindari jenis sayuran ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan

3. Kecambah Alfalfa

Kecambah alfalfa mungkin tidak familier di kuliner Indonesia, tetapi kita bisa menemukannya sebagai hiasan hidangan di hotel berbintang, campuran salad, atau isi sandwich.

4. Daging Merah

Lantaran tinggi lemak, daging merah bukan jenis protein terbaik untuk dimakan karena dapat menyebabkan penyakit jantung. Beralihlah dari daging merah ke ikan berlemak, seperti tuna, salmon, sarden, dan mackerel.

Jenis ikan tersebut memiliki banyak Omega-3, yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan

5. Echinacea

Echinacea adalah kandungan dalam suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap pilek. Akan tetapi, manfaat echinacea, justru bisa memperburuk peradangan pengidap lupus.

Itulah mengapa, pengidap lupus harus berhati-hati dalam memilih suplemen apa pun. Pilih suplemen yang bebas dari kandungan echinacea.

6. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Kandungan lemak jenuh dan lemak trans di dalam makanan membuat pengidap lupus berisiko mengalami penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Contoh makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi yaitu junk food dan berbagai makanan atau minuman dalam kemasan.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan

7. Hindari Garam

Pengidap lupus juga harus benar-benar menghindari konsumsi garam karena mampu meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kamu dapat mengganti garam dengan bumbu lainnya yang tetap membuat makanan menjadi lezat dan enak disantap. Cobalah untuk lebih banyak menggunakan rempah-rempah sebagai pengganti agar tubuh tetap sehat.

 

Sumber: Hopkinslupus, Lupusnewstoday

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer