Sukses


Contoh Patung Figuratif yang Ada di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Patung adalah seni rupa tiga dimensi yang bisa dinikmati dari segala arah. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi patung dan cara membuat patung dari tanah liat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya.

Seni patung yang dalam bahasa Inggris disebut "sculpture", kata tersebut berasal dari bahasa Latin, "sculptura", yang berarti memotong, memahat atau membelah.

Patung figuratif adalah satu di antara jenis patung. Patung jenis ini berasal dari kata "figur" dan memiliki makna objek yang terbentuk serta memiliki kesamaan dengan suatu bentuk tertentu.

Patung figuratif memiliki bentuk seperti manusia, binatang, dan juga tumbuhan serta beberapa objek lain. Selain itu, patung figuratif lebih menunjukkan tentang objek yang memiliki sifat, kiasan atau juga lambang.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh patung figuratif, dilansir dari laman Pelajarindo, Jumat (12/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Patung Figuratif yang Kerap Dijumpai di Indonesia

1. Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung yang terletak di Bali. Patung tersebut terkenal dan memiliki nilai budaya tinggi.

Patung raksasa ini merupakan patung tertinggi di Indonesia yang terletak di Bukit Ungasan, Jimbaran. Seniman yang merancang patung Garuda Wisnu Kencana adalah Nyoman Nuarta.

2. Patung Jalesveva Jayamahe

Patung Jalesveva Jayamahe terletak di Surabaya. Selain terkenal dengan patung buaya, Surabaya juga ada patung yang terletak di Jawa Timur di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

Patung ini adalah sosok perwira TNI AL dan membawa pedang kehormatan. Selain patung Garuda Wisnu Kencana, patung Jalesveva Jayamahe juga di rancang oleh Nyoman Nuarta dengan tinggi 30,6 m.

3. Patung Satria Gatotkaca

Bali terkenal dengan budaya yang tanpa batas. Patung Satria Gatotkaca menggambarkan keberanian dan kehebatan gatot kaca yaitu seorang tokoh ksatria dari cerita pewayangan mahabrata.

Patung ini didirikan di sekitar Bandara Ngurah Rai Bali. Perancang dari patung ini adalah Wayan Winten.

3 dari 3 halaman

Contoh Patung Figuratif yang Kerap Dijumpai di Indonesia

4. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus memberkati terletak di manado, Sulawesi utara. Tampak patung ini sedang terentang kedua tangannya dan menggunakan jubah dan Yesus sedang memberikan pemberkatan kepada manusia.

Karya ini irancang oleh Ir Ciputra tahun 2007 memiliki tinggi 50 m dan dana sekitar Rp5 miliar.

5. Patung Monumen Selamat Datang

Patung monumen selamat datang yang terletak di ibu kota yaitu Jakarta. Letak patung ini di Bunderan HI (Hotel Indonesia) di daerah Menteng.

Karya ini merupakan ide presiden pertama Indonesia yaitu Ir Soekarno pada 1962. Arsitek yang membangun patung ini adalah Henk Ngantung dan Edhi Sunarso. Tinggi patung ini sekitar 7 meter dan kaku patung 10 m.

6. Patung Dirgantara

Patung dirgantara merupakan patung yang terletak di Jakarta, tepatnya di Jakarta Selatan dan sering disebut Patung Pancoran.

Patung ini terinspirasi dari Gatot Kaca yang memiliki jiwa ksatria. Karya ini di garap oleh Edhi Sunarso, tetapi idenya datang dari Ir Soekarno. Patung ini memiliki tinggi 1 meter dan kaki patung 27 meter.

7. Patung Dewi Kwan Im

Patung ini merupakan patung daya Tarik Sumatra Utara, tepatnya di Pematang Siantar. Tinggi patung ini sekitar 22.8 m.

Banyak wisatawan dari lokal atau mancanegara yang mengunjungi tempat ini karena ini adalah patung dewi Kwan In terbesar di Asia Tenggara.

 

Sumber: Pelajarindo

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer