Sukses


Jenis-Jenis Iklan Baris, Lengkap beserta Panjelasannya

Bola.com, Jakarta - Iklan adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis, sudah tidak asing dengan iklan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan mempunyai dua pengertian. Pertama, berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua, iklan adalah pemberitaan kepada khayalak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai jenis iklan dalam berbagai macam bentuk dan media penyampaian, mulai televisi, radio, koran, media online, papan reklame, dan sebagainya.

Satu di antara jenisnya ialah iklan baris. Iklan baris merupakan jenis iklan yang biasanya kamu temukan di media cetak atau pada koran. Iklan baris adalah iklan kecil yang singkat dalam sebuah kolom.

Meski singkat, padat, dan jelas, sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Apa saja jenis-jenis iklan baris tersebut?

Berikut ini jenis-jenis iklan baris beserta penjelasannya yang perlu diketahui, dilansir dari bnp.jambiprov.go.id, Jumat (12/5/2023).

2 dari 5 halaman

Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah jenis iklan yang menawarkan atau mempromosikan jasa tertentu, dapat berupa reklame, poster, video, dan iklan baris yang dimuat di koran.

Dalam iklan baris, penawaran umumnya mencantumkan informasi mengenai pelayanan dan kontak yang dapat dihubungi jika diperlukan.

Sebagai contoh, iklan jasa angkut akan menampilkan jenis mobil yang digunakan, kapasitasnya, serta nomor yang dapat dihubungi.

3 dari 5 halaman

Iklan Penjualan

Iklan penjualan adalah jenis iklan yang mempromosikan produk tertentu. Di televisi, iklan penjualan sering kali menjadi jenis iklan yang paling banyak ditemui.

Iklan penjualan dapat mencakup produk makanan, minuman, atau bahkan produk rumah tangga yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Di koran, iklan penjualan umumnya tidak mempromosikan produk seperti makanan atau produk rumah tangga. Sebaliknya, iklan penjualan cenderung mempromosikan penjualan mobil dan motor bekas, serta properti seperti rumah atau apartemen.

Dalam iklan penjualan rumah, informasi yang ditampilkan biasanya hanya terdiri dari lokasi, luas tanah, kondisi rumah, harga, dan kontak yang dapat dihubungi.

Namun, terkadang ada iklan penjualan yang menampilkan foto rumah tersebut dalam format hitam-putih agar pembeli memiliki gambaran yang lebih baik mengenai rumah tersebut.

4 dari 5 halaman

Iklan Lowongan

Iklan lowongan kerja adalah jenis iklan yang biasa dicari oleh para pencari kerja. Iklan jenis ini lebih panjang dibandingkan dengan iklan penjualan atau penawaran, dan terdiri dari banyak informasi.

Selain posisi dan nama perusahaan, iklan lowongan kerja juga mencantumkan kualifikasi yang dibutuhkan seperti jenjang pendidikan, batasan usia, jenis kelamin, dan perincian pekerjaan yang harus dilakukan jika pelamar diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk memudahkan pelamar dalam mengirimkan lamaran, perusahaan biasanya menyertakan alamat atau email untuk mengirim berkas, dan juga batas waktu pengiriman.

5 dari 5 halaman

Iklan Pencarian

Jika iklan penjualan dan penawaran bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan, iklan pencarian bertujuan untuk mencari barang atau orang yang hilang.

Iklan jenis ini sering kali memuat informasi tentang barang atau orang yang hilang, seperti foto dan ciri-ciri fisik, serta waktu dan tempat kehilangan.

Iklan pencarian barang biasanya mencantumkan deskripsi barang yang hilang, sementara iklan pencarian orang biasanya mencantumkan foto lengkap dengan ciri-ciri orang yang hilang, seperti tinggi badan, warna kulit, rambut, usia, nama, jenis kelamin, kondisi terakhir, tanggal hilang, dan kontak yang bisa dihubungi oleh pelapor.

Tujuan dari iklan pencarian adalah agar barang atau orang yang hilang bisa segera ditemukan dan kembali berkumpul bersama keluarganya.

 

Sumber: bnp.jambiprov.go.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer