Sukses


Pengertian Pasar Bebas, Tujuan, Ciri-Ciri, Fungsi, Dampak, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Pasar bebas atau perdagangan bebas adalah kebijakan di mana pemerintah tidak melakukan perbedaan perlakuan terhadap impor maupun ekspor.

Penawaran dan permintaan dalam pasar bebas tidak terikat dengan kebijakan atau sistem ekonomi suatu negara.

Jadi, dalam pasar bebas hanya pedagang dan pembeli saja yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan transaksi dan tidak melibatkan pemerintah.

Produsen atau pengusaha memiliki kuasa penuh dalam menentukan harga jual produk maupun jasanya sesuai mekanisme pasar secara alami.

Fungsi pasar bebas adalah memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi baik ekspor maupun impor.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu pasar bebas. Untuk lebih jelasnya, kamu perlu mengetahui tujuan pasar bebas, ciri-ciri, fungsi, hingga contohnya.

Berikut ini tujuan pasar bebas, ciri-ciri, fungsi, dampak, dan contohnya yang perlu diketahui, dilansir dari Bakai.uma.ac.id, Jumat (12/5/2023).

2 dari 6 halaman

Tujuan Pasar Bebas

Adapun tujuan diselenggarakannya pasar bebas adalah sebagai berikut:

Memperluas Pasar

Pasar bebas adalah satu di antara sarana guna memperluas jangkauan konsumen untuk suatu produk. Hal ini karena hambatan ekspor impor tiap negara makin menipis sehingga produsen dapat melakukan riset pasar internasional.

Meningkatkan Perekonomian Negara

Pasar bebas menciptakan peluang perdagangan yang luas dan membantu produsen dalam mengembangkan maupun memasarkan produknya secara masif sehingga dapat mendongkrak perekonomian negaranya.

Sarana pertukaran teknologi

Tidak selalu terkait dengan keuntungan penjualan, pasar bebas adalah satu di antara sarana pertukaran teknologi karena tiap negara dapat berinteraksi sehingga berkesempatan mempelajari kemajuan teknologi di negara lain.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Pasar Bebas

Adapun ciri-ciri pasar bebas adalah sebagai berikut:

  • Semua sumber beserta alat produksi dapat bebas dimiliki dan diatur oleh semua pihak.
  • Terdapat pembagian kelas-kelas pekerja dan pemilik modal dalam sistem perekonomian.
  • Persaingan ketat antarperusahaan demi mencapai keuntungan sebanyak mungkin.
  • Campur tangan pemerintah dalam mekanisme pasar makin dibatasi atau bahkan tidak ada sama sekali.
  • Para produsen bebas menentukan harga dan target pasar mereka.
4 dari 6 halaman

Fungsi Pasar Bebas

Fungsi pasar bebas adalah memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi baik ekspor maupun impor serta memberikan transparansi informasi berkaitan kuantitas permintaan dan harga barang. Dengan demikian, akan tercipta stabilitas ekonomi.

Selain itu, fungsi pasar bebas adalah memberikan pendapatan yang lebih tinggi kepada para pengusaha serta memberi peluang memajukan keahlian maupun metode produksi agar makin efisien.

5 dari 6 halaman

Dampak Positif dan Negatif Pasar Bebas

Dampak Positif Pasar Bebas

Praktik pasar bebas bisa memberikan beberapa dampak positif bagi bisnis perusahaan, di antaranya:

  • Semua badan usaha dapat mengelola sumber daya yang mereka miliki guna memperoleh keuntungan sesuai target.
  • Menumbuhkan kreativitas karena persaingan yang ketat sehingga semua pengusaha berlomba-lomba berinovasi.
  • Sebagai sarana penerapan prinsip ekonomi masing-masing negara.
  • Memacu pertumbuhan perekonomian negara.
  • Memicu berbagai kemunculan inovasi teknologi di bidang bisnis.

Dampak Negatif Pasar Bebas

Meski memiliki dampak positif bagi pengembangan ekonomi suatu negara, pasar bebas juga membawa pengaruh negatif, seperti:

  • Rentan terjadinya eksploitasi perusahaan kecil oleh sektor usaha yang lebih besar mengingat jumlah modal akan memegang peran penting, sebab campur tangan pemerintah lebih kecil.
  • Memicu perang harga dan persaingan tidak sehat.
  • Memicu monopoli perdagangan yang membahayakan perusahaan lain di industri sama.
  • Mempertajam kesenjangan ekonomi antara pemilik modal dengan pekerja ataupun antara pemodal dalam jumlah besar maupun kecil.
  • Penurunan tingkat perekonomian suatu negara karena ketakmampuan bersaing sehingga menjadi ketergantungan dengan penggunaan produk milik negara lain.
6 dari 6 halaman

Contoh Pasar Bebas

Contoh pasar bebas adalah ketika diberlakukan aturan mengenai pengurangan dan penghapusan tarif keluar masuk antarnegara atas beberapa jenis barang. Biasanya, perumusan kesepakatan ini berdasarkan suatu perjanjian bilateral, regional, atau multilateral.

Misalnya, pembentukan ASEAN Free Trade Area yang merupakan zona perdagangan bebas guna meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara anggota ASEAN.

 

Sumber: uma.ac.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer