Sukses


Macam-Macam Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat

Bola.com, Jakarta - Sarapan pagi merupakan satu di antara kebiasaan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya memberikan energi untuk memulai hari, sarapan pagi juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Namun, tidak semua jenis sarapan pagi cocok untuk mereka yang sedang melakukan diet, terlebih jika membutuhkan asupan serat yang tinggi.

Sarapan pagi yang sehat dan kaya serat dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah, menurunkan kadar kolesterol, serta meningkatkan pencernaan.

Itulah mengapa, penting bagi kita untuk memilih jenis sarapan pagi yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan serat harian kita.

Lantas, apa saja kira-kira sarapan yang tepat untuk mereka yang sedang diet dan membutuhkan asupan serat?

Berikut macam-macam sarapan pagi untuk diet yang kaya akan serat, seperti dilansir dari laman Masakapahariini, Senin (15/5/2023).

2 dari 4 halaman

Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat

Sup krim ayam brokoli

Tak hanya soal enaknya, sup yang satu ini juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk badan. Padukan brokoli dengan ayam dan keju cheddar agar resep sup krim ini makin kaya protein. Hanya dalam 30 menit, kamu bisa menikmati sarapan pagi yang penuh nutrisi.

Kandungan fito-nutrien pada brokoli dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli kaya akan vitamin A, C, dan K sebagai benteng melawan radikal bebas. Belum lagi kalau bicara kandungan seratnya, karena terdapat 5,1 gram serat dalam setiap 250 gram brokoli matang. 

Baked potato dengan brokoli dan keju

Kentang adalah satu di antara jenis karbo yang sangat menyehatkan. Apalagi pada resep baked potato ini, dipadukan dengan brokoli yang kaya serat serta keju yang kaya kalsium.

Kentang berukuran kecil dengan kulitnya mengandung hingga 3 gram serat. Kamu pasti makin tertarik mencoba masakan yang satu ini. 

Kukus kentang terlebih dahulu lalu keruk kentang dan padukan dengan susu, keju, serta merica. Tambahkan brokoli serta wortel dan taburi dengan keju mozzarella. Terakhir, cukup panggang baked potato dan nikmati selagi hangat.  

3 dari 4 halaman

Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat

Avocado sandwich

Untuk makan pagi ataupun siang, menu yang satu ini tepat. Avocado sandwich sudah lama dipopulerkan sebagai makanan sehari-hari yang berisi dan menyehatkan, satu di antaranya karena alpukat punya kandungan 10 gram serat per 250 gram-nya.

Untuk resepnya, siapkan saus avokad terlebih dahulu, lalu oleskan pada roti gandum yang kaya serat. Tambahkan isian berupa selada, tomat, dan dada ayam.

Bubur kacang hijau

Tak perlu repot-repot mencari bahan-bahan kaya serat kekinian seperti kale, kacang adzuki, ataupun chia seeds dan kacang almond.

Indonesia sudah lama punya makanan kaya serat yang cocok untuk segala suasana, termasuk sebagai menu sarapan pagi untuk diet, yakni bubur kacang hijau klasik atau kini akrab disapa dengan nama burjo. 

Kacang hijau mengandung hingga 7,6 gram serat per 100 gram-nya. Tak hanya itu, ada kandungan potassium, magnesium, serta vitamin B6. Selebihnya dari resep ini, padukan dengan kuah santan dan opsional, bisa tambahkan juga ketan hitam.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat

Salad edamame dengan rumput laut

Apakah kamu tipe yang tidak terlalu suka makan pagi yang berat-berat? Solusinya adalah salad edamame dengan kyuri dan rumput laut yang kaya serat dan menyehatkan ini.

Cita rasanya yang Jepang banget terasa ringan dan menyegarkan. Pas untuk disajikan sebagai makan pagi ataupun untuk menu pendamping kapan saja. 

Edamame berasal dari kacang kedelai yang belum matang. Cukup dengan dikukus atau direbus dengan air garam, kamu bisa langsung menikmatinya. Dalam setiap 100 gram-nya terdapat hingga 6 gram serat.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer