Sukses


Bacaan Doa ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah saw.

Bola.com, Jakarta - Susah tidur atau dikenal dengan istilah insomnia merupakan satu di antara kondisi yang kerap dirasakan seseorang.

Kondisi tersebut tentu menjadi masalah tersendiri dan menimbulkan kekhawatiran akan mengganggu aktivitas esok hari.

Kondisi susah tidur disebabkan oleh berbagai hal. Entah pikiran, kejiwaan, terlalu capek, tekanan pekerjaan, ataupun mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Dalam Islam, ketika mengalami susah tidur, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Dengan membaca doa ini, harapannya kita bisa segera tidur dan bisa bangun di pagi hari dengan tubuh yang lebih segar untuk memulai aktivitas.

Lalu, bagaimana bacaan doa yang bisa dipanjatkan muslimah ketika susah tidur?

Berikut ini bacaan doa ketika susah tidur yang diajarkan Rasulullah saw., dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Doaharianislami, Sabtu (13/5/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Susah Tidur 1

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ و هَدَأَتِ العُيونُ و أَنْتَ حَيٌّ قَبُّومٌ لا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ ولا نَوْمٌ يا حَيُّ يا قَبُّومُ أَهْدِىء لَيْلي و أَنِمْ عَيْنِي

"Allahumma gharati’nnujum wa hadaatil`uyun wa Anta Hayyun Qayyum, la ta’khudzuka sinatun wa la nawm. Ya Hayyu ya Qayyum, ahdi layli wa anim `ayni."

Artinya: "Ya Allah, bintang bintang telah hadir dan mata sedang beristirahat, tetapi Engkau Maha hidup dan Berdiri Sendiri. Engkau tidak mengantuk dan tidak tidur. Wahai Zat yang Maha hidup lagi maha berdiri sendiri, ciptakan malam yang tenang dan mataku tertidur."

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Susah Tidur 2

ثم أنزل عليكم من بعد الغم أمنة نعاسا يغشى طائفة منكم ۖ وطائفة قد أهمتهم أنفسهم

"Summa anzala 'alaikum mim ba'dil-gammi amanatan nu'āsay yagsyā ṭā`ifatam mingkum wa ṭā`ifatung qad ahammat-hum anfusuhum."

Artinya: "Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan daripada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Susah Tidur 3

"A'uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri 'ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun"."

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan setan dan kehadirannya."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Susah Tidur 4

"A'uudzu bi kalimatilllaahit-taammaati min syarri maa kholaq."

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan ciptaan-Nya."

 

Sumber: Fiqihmuslim, Doaharianislami

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer