Sukses


11 Keistimewaan Mendirikan Salat Tahajud dengan Rutin

Bola.com, Jakarta - Salat Tahajud merupakan satu di antara ibadah sunah yang memiliki keutamaan yang sangat besar di sisi Allah Swt.

Meski tidak diwajibkan seperti salat lima waktu, salat Tahajud menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh berbagai keistimewaan dari-Nya.

Ibadah sunah yang dilakukan pada waktu sepertiga malam ini telah disebutkan di dalam Al-Qur'an, bahwa siapa yang melaksanakannya akan diangkat ke tempat terpuji di mata Allah Swt.

Salat Tahajud sudah boleh dilaksanakan setelah salat Isya hingga sebelum salat subuh, tetapi diutamakan untuk melakukannya pada waktu sepertiga malam.

Secara umum, cara salat Tahajud tidak jauh berbeda dengan salat sunah pada umumnya. Adapun jumlah rakaatnya, salat Tahajud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam, dengan jumlah rakaat yang tak terbatas.

Lantas, apa saja keistimewaan yang bisa didapatkan oleh umat muslim yang rajin mengerjakan salat tahajud?

Berikut 11 keistimewaan mendirikan salat Tahajud dengan rutin, disadur dari Dream, Senin (15/5/2023).

2 dari 5 halaman

Keistimewaan Mendirikan Salat Tahajud dengan Rutin

1. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan salat sunah ini sebagaimana hadis di atas.

Istimewanya, salat tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufik dari Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

2. Menenangkan Hati

Al-'Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

"Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas salat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut, dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan salat malam dengan kesenangan jiwa di dalam surga."

3. Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana

Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa melaksanakan salat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi maka Allah Swt. akan memberikan sembilan macam kemuliaan: lima macam di dunia dan empat macam di akhirat."

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah Swt. dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yang saleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama." 

3 dari 5 halaman

Keistimewaan Mendirikan Salat Tahajud dengan Rutin

4. Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al Israa’: 79)

5. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahmi, dan salatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah)

6. Salat Sunah Paling Utama

Salat Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau salat lail merupakan salat sunah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

"Salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam." (HR. An Nasa’i)

4 dari 5 halaman

Keistimewaan Mendirikan Salat Tahajud dengan Rutin

7. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli salat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

"Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada salat malamnya." (HR. Hakim; hasan)

8. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan salat Tahajud kemudian berdoa, Insyaallah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

9. Kebiasaan Orang Salih

Salat Tahajud merupakan kebiasaan orang-orang saleh terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, ia pun tercatat sebagai orang-orang yang salih sebagaimana mereka.

"Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang salih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad)

5 dari 5 halaman

Keistimewaan Mendirikan Salat Tahajud dengan Rutin

10. Meningkatkan Takwa

Salat Tahajud bisa melatih diri kita agar menjadi insan yang bertakwa. Dengan rutin menegakkan amalan sunah tersebut, Insyaallah kita menjadi hamba-Nya yang saleh.

Rasul saw. bersabda, "Lakukanlah salat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala penyakit dari tubuh." Allah Ta'ala menjanjikan bermacam-macam nikmat yang menyenangkan hati sebagai balasan bagi orang yang melaksanakan salat tahajud (QS As-Sajdah: 16-17). Pelaku amalan sunah tersebut juga akan diangkat derajatnya dalam pandangan Allah Swt. (QS Al-Isra’: 79)

11. Kebaikan di Dunia-Akhirat

Rasulullah saw. mengungkapkan, "Sungguh pada malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan waktu tersebut ada pada setiap malam." (HR Muslim).

Demikianlah beberapa dari banyak keutamaan salat Tahajud. Ibadah ini dapat dilakukan di masjid ataupun rumah masing-masing.

Terutama yang sudah berkeluarga, hendaknya membiasakan tahajud bersama-sama. Wahai para suami, ajaklah istri salat.

Jika ia menolak dengan alasan di luar uzur syar'i, percikkan air di tubuhnya. Para istri juga dapat melakukan hal yang sama kepada suami (HR Nasai dari Abu Hurairah).

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Reni Novita Sari. Published: 8/12/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer