Sukses


Arti Takwa beserta Fungsi dan Ciri-cirinya

Bola.com, Jakarta - Takwa memiliki arti "memelihara" atau "menghindari". Dengan kata lain, pemeliharaan tersebut berkaitan erat dengan diri atau keluarga. Sederhananya, takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjahui segala larangan-Nya.

Ada juga yang mengartikan seseorang yang taat kepada Allah Swt. dan mau meninggalkan maksiat karena takut akan siksa-Nya.

Setiap muslim belum bisa dikatakan sebagai orang yang takwa jika belum menjalankan kewajiban dan menunaikan ibadah sunah seperti yang dicontohkan Rasulullah.

Seseorang yang bertakwa akan selalu mendapatkan petunjuk serta hidayah dari Allah Swt. Sedangkan, bagi orang-orang zalim, tidak akan mendapatkan apapun selain kerugian.

Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu ayat dalam Al-Qur'an, yang artinya:

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS. Al-Israa’ : 82)

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan tentang takwa, disadur Merdeka, Selasa (16/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Fungsi Takwa

Seperti yang sudah diketahui, setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa bertakwa kepada Allah Swt. Takwa adalah menjaga jiwa dari segala perbuatan dosa atau meninggalkan semua yang dilarang oleh Allah Swt.

Seseorang yang bertakwa akan senantiasa menaati segala perintah Allah. Di samping itu, takwa adalah tujuan manusia diciptakan untuk senantiasa beribadah dan menyembah Allah Swt.

Dengan bertakwa, seorang hamba memiliki keutamaan yang sangat besar, satu di antaranya ialah akan dimudahkan segala urusanya oleh Allah Swt.

Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam satu di antara surah Al-Qur'an, artinya:

"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. At Thalaq: 2-3)

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Bertakwa Menurut Al-Qur'an

Al-Qur'an merupakan kitab suci umat muslim yang tidak ada sedikit pun keraguan di dalamnya. Di dalam Al-Qur'an, telah banyak penjelasan atau membicarakan tentang ciri-ciri orang bertakwa.

Adapun beberapa ciri-ciri orang bertakwa menurut Al-Qur'an ialah sebagai berikut:

Berpedoman pada Al-Qur'an

Satu di antara ciri-ciri orang bertaqwa ialah selalu berpedoman pada Al-Qur'an. Semua ayat dalam Al-Qur'an memiliki kebenaran mutlak sehingga setiap muslim yang bertakwa tentunya menjadikannya sebagai petunjuk. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam satu di antara ayat dalam Al-Qur'an berikut:

"Alif laam miim. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa." (QS. Al-Baqarah : 1-2)

Mendirikan Salat

Salat merupakan ibadah umat muslim yang kerap dianggap sebagai tiang agama. Oleh karena itu, ciri-ciri orang bertakwa ialah mereka yang mendirikan salat. Allah Swt. berfirman, yang artinya:

"Mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (Q.S Al-Baqarah : 3).

 

Disadur dari Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 20/11/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer