Sukses


6 Kegiatan yang Bisa Membuat Jantung Anda Tetap Sehat

Bola.com, Jakarta - Kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kualitas hidup. Jantung adalah organ vital dalam tubuh kita yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Namun, pola hidup yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada jantung Anda.

Untuk menjaga kesehatan jantung, tidak hanya cukup dengan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi makanan tidak sehat. Kita juga perlu melibatkan diri dalam kegiatan yang dapat secara aktif memperkuat jantung dan meningkatkan kinerjanya.

Contohnya bersepeda di pagi hari, joging mengelilingi taman, berenang, atau hanya sekadar berjalan santai bersama keluarga di sekitaran kompleks rumah.

Selain aktivitas fisik, banyak kegiatan lain yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegahnya terkena berbagai macam penyakit.

Berikut enam kegiatan yang bisa membuat jantung Anda tetap sehat, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (16/5/2023).

2 dari 4 halaman

Kegiatan yang Bisa Membuat Jantung Tetap Sehat

1. Tertawa 

Tidak hanya tertawa saat menonton video lucu atau acara televisi, pergilah dengan keluarga atau teman. Selanjutnya, tertawalah sekencang-kencangnya.

Penelitian membuktikan bahwa tertawa dapat menurunkan hormon stres di tubuh. Peradangan pada pembuluh darah arteri pun menurun. Tertawa juga bisa meningkatkan LDL atau kolesterol baik di dalam darah. 

2. Memelihara Hewan

Selain menggemaskan, hewan adalah pendamping yang setia serta pemberi cinta tanpa syarat. Ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan memelihara atau menyayangi hewan, satu di antaranya untuk kesehatan jantung. 

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) menyebutkan, memelihara hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Plusnya lagi, memelihara hewan terbukti menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. 

3 dari 4 halaman

Kegiatan yang Bisa Membuat Jantung Tetap Sehat

3. Memasak 

Dengan mondari-mandir di sekitar dapur, Anda tidak akan tergoda untuk duduk di kursi, sofa, atau rebahan di kasur. Gaya hidup sedenter seperti ini merupakan satu di antara faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Selama memasak, Anda akan dipaksa untuk berdiri dan berjalan, serta melakukan gerakan dinamis lainnya. Otot lengan dan tangan Anda juga akan terlatih ketika mengocok telur atau menguleni adonan kue.

Dengan meningkatkan keterampilan memasak, Anda juga dapat menyajikan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga.

4. Bertamasya

Bertamasya termasuk kegiatan yang menyehatkan jantung. Tidak perlu mahal-mahal, Anda dapat melakukan perjalanan hemat dengan backpacking atau bepergian ke destinasi wisata dalam negeri.

Ketika bertamasya, Anda akan banyak bergerak, berjalan kaki, dan melakukan aktivitas lainnya. Aktivitas ini jauh lebih baik ketimbang duduk di depan komputer, ngemil, atau melakukan sederet kegiatan yang menimbun kalori.

Bertamasya juga dapat melepaskan stres dan kepenatan, yang turut menjadi faktor risiko penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

Kegiatan yang Bisa Membuat Jantung Tetap Sehat

5. Berkebun

Jangan anggap remeh hobi yang sehat satu ini. Meski cukup melelahkan dan membutuhkan komitmen, berkebun akan terasa memuaskan jika Anda berhasil melakukannya.

Banyak gerakan aktif yang dapat dilakukan ketika berkebun, seperti menggemburkan atau menyiapkan tanah, menanam bibit, menyiram tanaman, menggunting daun yang layu, serta memberi pupuk atau vitamin pada tanaman.

Akan sangat memuaskan batin ketika Anda berhadapan dengan kebun yang indah dan tertata rapi. Melakukan serangkaian aktivitas berkebun dan mengalami perasaan bahagia akan mengusir faktor risiko penyakit jantung.

6. Menari

Anda tidak perlu mengikuti kelas dansa untuk dapat menari. Cukup pasang lagu favorit Anda di rumah, lalu goyangkan tubuh. Anda bisa melakukannya sendirian, bersama teman, pasangan, maupun anak.

Tidak hanya menghilangkan stres, menari dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. Satu jam menari diperkirakan mampu membakar hingga 320 kalori.

Agar lebih menarik dan menambah motivasi, Anda dapat mengikuti kelas menari dan mempelajari berbagai jenis tarian.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 23/11/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer