Sukses


7 Manfaat Matahari bagi Kehidupan Manusia

Bola.com, Jakarta - Matahari adalah pusat tata surya kita yang memancarkan panas dan cahaya ke Bumi, serta planet-planet lain yang mengitarinya.

Kehadiran matahari sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup di Bumi, baik manusia, hewan, dan bahkan tumbuhan.

Pada hakikatnya, matahari merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup di Bumi. Tanpa kehadiran matahari, banyak sekali aktivitas makhluk hidup yang terhambat.

Lalu, apa saja manfaat matahari bagi kehidupan di Bumi, terutama manusia?

Untuk mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari matahari bagi kehidupan manusia, kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Berikut ini tujuh manfaat matahari bagi kehidupan manusia, dikutip dari laman kuburayakab.go.id dan kemdikbud.go.id, Rabu (17/5/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Matahari bagi Kehidupan Manusia

1. Sumber Energi

Matahari dapat menjadi sumber energi yang ramah lingkungan dan aman untuk menjadi sumber energi alternatif. Sumber tersebut dapat berupa energi listrik yang didapatkan dari proses teknologi fotovoltaik (panel surya).

Panel surya memungkinkan pancaran sinar panas matahari diubah menjadi energi listrik.

2. Meningkatkan Kesehatan

Emisi karbon dapat berdampak serius bagi kesehatan manusia dan memengaruhi organ vital, seperti jantung dan paru-paru. Matahari dapat mengurangi jumlah karbon dan polutan lainnya sehingga udara menjadi lebih bersih.

Saat udara lebih bersih, berbagai risiko terhadap penyakit bisa menurun secara signifikan. Beberapa contoh penyakit yang bisa diminimalkan, seperti penyakit jantung, serangan asma, dan bahkan kematian dini.

3 dari 5 halaman

Manfaat Matahari bagi Kehidupan Manusia

3. Mengeringkan Pakaian

Matahari memiliki manfaat untuk mengeringkan pakaian dari energi yang dihasilkan. Energi matahari mengandung sinar ultraviolet, yang mampu membantu menghilangkan noda secara alami. Matahari juga bisa membantu mendisinfeksi pakaian dengan membunuh bakteri yang ada.

4. Menjaga Siklus Air

Siklus air menjadi satu di antara manfaat matahari bagi kehidupan manusia. Pemanasan air laut oleh matahari merupakan kunci siklus hidrologi dapat berjalan secara terus menerus.

Dalam siklus pendek, matahari akan membuat sumber air menguap. Setelah penguapan, kemudian akan terjadi proses kondensasi yang membentuk awan yang mengandung uap air. Awan yang mengandung uap air akan mengalami kejenuhan lalu turun sebagai hujan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Matahari bagi Kehidupan Manusia

5. Menguatkan Tulang

Vitamin D berperan penting dalam pengaturan kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Jadi, manfaat matahari berikutnya adalah dapat menguatkan tulang.

Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan rakhitis pada anak-anak. Demikian pula pada orang dewasa, kekurangan vitamin D bermanifestasi sebagai osteomalacia atau pelunakan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis.

6. Mengawetkan Makanan

Menjemur daging ikan maupun bahan makanan lainnya di bawah sinar matahari akan menguapkan kandungan air di dalam makanan tersebut sehingga membuatnya kering secara alami dan otomatis awet.

Makanan ini kemudian bisa disimpan dan dikonsumsi selama beberapa waktu karena pembusukannya berjalan sangat lama.

5 dari 5 halaman

Manfaat Matahari bagi Kehidupan Manusia

7. Memberikan Penerangan

Manfaat selanjutnya dari matahari yaitu membantu manusia dalam hal penerangan. Dunia akan gelap gulita tanpa adanya matahari.

Hal ini membuat seluruh manusia tidak akan mampu melihat apa pun di lingkungan sekitar.

 

Sumber: kuburayakab.go.id, kemdikbud.go.id

Dapatkan artikel manfaat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer