Sukses


Bacaan Zikir Pagi dan Petang yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta Zikir adalah tiang penopang yang sangat kuat untuk terus mengingat Allah Swt. dengan menyebut lafaz-lafaz pujian kepada-Nya.

Umat muslim dapat mengamalkan zikir di mana pun dan kapan pun. Namun, di dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa waktu yang paling utamanya adalah pagi dan petang.

Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 42-43:

"Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampun untukmu). Supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman."

Waktu zikir pagi yang dianjurkan dimulai sejak tibanya waktu subuh hingga matahari terbit. Sementara zikir sore atau petang dimulai sejak masuknya waktu asar hingga matahari terbenam.

Berikut ini bacaan zikir pagi dan petang, yang bisa diamalkan setiap harinya, disadur dari Liputan6, Selasa (16/5/2023).

2 dari 6 halaman

Bacaan Zikir Pagi dan Petang 1

  • Pertama

"Yaa hayyu yaa qayyuum, birahmatika astaghii-tsu, ashlih lii sya`nii kullah, wa laa takilnii ilaa nafsii tharfata 'ainin abadan."

Artinya: "Wahai (Tuhan) Yang Maha Hidup, yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaikilah semua urusanku, dan janganlah sedikit pun Engkau biarkan hal itu bersandar padaku."

  • Kedua

"Subhaanallahi wa bihamdihi."

Artinya: "Maha suci Allah, dengan segala pujianku untuk-Nya."

  • Ketiga

"Laa ilaaha illaallahu wahdahuu laa syariika lahuu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai-in qadiir."

Artinya: "Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, semua kerajaan dan segala pujian hanyalah milik-Nya, dan dia Maha berkuasa atas segala sesuatu."

3 dari 6 halaman

Bacaan Zikir Pagi dan Petang 2

  • Tasbih 100 Kali

“Subhanallah,” artinya: "Maha Suci Allah."

  • Tahmid 100 Kali

“Alhamdulillah,” artinya: "Segala puji bagi Allah."

  • Takbir 100 Kali

“Allahu Akbar,” artinya: "Allah Maha Besar."

4 dari 6 halaman

Bacaan Zikir Pagi dan Petang 3

"Allahumma 'aafinii fii badanii, allahumma 'aafinii fii sam'ii, allahumma 'aafinii fii basharii, laa ilaaha illaa anta. Allahumma innii a'uudzubika minal kufri wal faqri, allahumma innii, allahumma innii a'uudzubika min 'adzaabil qabri, laa ilaaha illaa anta."

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah tubuhku (dari penyakit maksiat dan segala yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkanlah pendengaranku, Ya Allah, selamatkanlah penglihatanku, tiada Tuhan yang layak disemabah kecuali Engkau. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau."

5 dari 6 halaman

Bacaan Zikir Pagi dan Petang 4

  • Pertama

"Hasbiyallahu laa ilaaha illaa huwa, 'alaihi tawakkaltu, wa huwa rabbul 'arsyil 'azhiim."

Artinya: "Cukuplah bagiku Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakal, Dialah Tuhan Arsy yang sangat Agung."

  • Kedua

"Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta, khalaqtanii wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika mastatha'tu, a'uudzubika min syarrimaa shana'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u laka bidzanbii, faghfirlii fa-innahuu la yaghfirudzdzunuuba illaa anta."

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengkui segala nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui semua dosaku, oleh karena itu ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau."

6 dari 6 halaman

Bacaan Zikir Pagi dan Petang 5

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumm, laa ta'khuduhuu sinatun wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa bainaa aidiihiim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai-in min 'ilmihii ilaa bimaa syaa-a, wa si'a kursiyyuhussamaawaati wal ardhi, wa laa ya-uuduhu hifzhuhumaa wa huswal 'aliyyul 'azhiim."

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 18/6/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer