Sukses


Tembus 87 Medali Emas, SEA Games 2023 Jadi yang Terbaik Buat Indonesia dalam 12 Tahun Terakhir

Bola.com, Phnom Penh - Pencapaian Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja menjadi yang terbaik dalam 12 tahun terakhir, ketika mengikuti pesta olahraga negara Asia Tenggara (ASEAN) itu.

Perebutan medali SEA Games 2023 telah selesai pada Selasa (16/5/2023). Sementara itu, upacara penutupannya akan digelar di Morodok Techo National Stadium pada Rabu (17/5/2023) malam WIB.

Tim Indonesia menuntaskan SEA Games 2023 dengan perolehan 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu dengan jumlah 276 medali untuk menempati peringkat ketiga di bawah Vietnam dan Thailand.

Kiprah Tim Indonesia di SEA Games 2023 juga melampaui target Presiden Jokowi yang meminta lebih dari 69 medali emas dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, yang menginginkan 60 medali emas.

Selain itu, performa Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 adalah yang terbaik setelah edisi 2011, sewaktu menjadi tuan rumah dengan catatan 182 medali emas.

"Alhamdulillah, Tim Indonesia berhasil mengakhiri SEA Games 2023 dengan raihan 87 medali emas, 80 medali perak, dan medali 109 perunggu," ungkap Chef de Mission Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim.

"Terima kasih kepada semua atlet, pelatih, dan ofisial yang telah berjuang untuk mengibarkan Merah-Putih serta mengumandangkan Indonesia Raya," jelas pria yang karib dipanggil Lexy tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Lexy juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), serta seluruh pengurus cabang olahraga (cabor).

"Terima kasih juga kepada Kemenpora, NOC Indonesia, dan semua pengurus cabor atas perhatiannya dalam membina atlet-atlet hingga mereka meraih prestasi yang ditargetkan," imbuhnya.

Lexy turut memuji kinerja Kamboja yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan SEA Games 2023. Meskipun ada kekurangan, panitia lokal (CAMSOC) selalu mendengarkan masukan yang diberikan.

"Terima kasih kepada Kamboja yang telah menjadi tuan rumah yang baik pada SEA Games ke-32. CAMSOC selalu mendengar masukan yang diberikan oleh semua peserta, di tengah kekurangan mereka," tutur Lexy.

"SEA Games ini ajang solidaritas antar negara ASEAN, jadi kita sebagai anggota ASEAN harus saling membantu. Kekurangan Kamboja hanya terjadi segi sumber daya manusia yang kurang terlatih dan IT support yang masih sedikit tertinggal."

"Tapi, semuanya itu bisa ter-cover karena mereka selalu menerima masukan yang kita dan negara peserta lainnya berikan," terang Lexy.

3 dari 6 halaman

Juara Umum 8 Cabor

Di SEA Games 2023, Tim Indonesia berhasil menjadi juara umum pada delapan cabor. Yakni wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi.

Ada juga beberapa cabor yang berhasil mencetak sejarah, antara lain hoki dan cricket. Timnas hoki indoor putra, dan timnas cricket putri kategori 6s untuk pertama kalinya meraih emas di SEA Games.

Bukan hanya itu, dua cabor beregu populer lainnya yaitu basket dan sepak bola juga sukses menorehkan tinta emas. Timnas Basket 5x5 Putri untuk pertama kalinya meraih emas.

Kemudian, ada sejumlah rekor yang dipecahkan oleh Tim Indonesia dari beberapa cabor. Ada tiga lifter Tim Indonesia yang mampu memecahkan rekor SEA Games dari cabor angkat besi. Mereka adalah Eko Yuli Wirawan (kelas 61 kg), Rizki Juniansyah (73 kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81 kg).

Puncaknya, Timnas Indonesia U-22 akhirnya berhasil melepas dahaga podium tertinggi selama 32 tahun di SEA Games. Tim berjulukan Garuda Muda itu membantai Timnas Thailand U-22 untuk merebut medali emas.

4 dari 6 halaman

Apresiasi dari Menko PMK

Prestasi, sejarah, dan rekor yang diciptakan oleh Tim Indonesia tersebut tentunya mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Seperti yang diungkapkan Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Muhadjir memberikan pujian terhadap prestasi yang ditorehkan Tim Indonesia selama SEA Games 2023. Termasuk mengapresiasi kinerja Lexy dalam melayani atlet Merah-Putih.

"Pelayanan CdM sangat luar biasa, termasuk menjaga atlet agar tidak culture shock, bagaimana tim CdM dalam menyediakan makanan Indonesia, kemudian suasana-suasana Indonesia. Itu penting karena kondisi adaptasi lingkungan sangat mempengaruhi prestasi. Hasilnya, atlet-atlet, pelatih-pelatih, dan ofisial sangat fokus bersedia memberikan prestasi tertinggi," kata Muhadjir.

5 dari 6 halaman

Pujian dari Erick Thohir

Sementara itu, Ketua PSSI sekaligus IOC Member, Erick Thohir, juga mengungkapkan pujiannya kepada NOC Indonesia dan CdM atas raihan prestasi Tim Indonesia di SEA Games 2023.

"Sesuai dengan track record Tim Indonesia di bawah KOI dan CdM sudah bekerja keras dan memang ini sesuatu yang kita harus jaga momentumnya. Saya mengucapkan terima kasih pada Ketua KOI dan CdM yang sudah memberikan fasilitas terbaik untuk melayani Tim Indonesia," ucap Erick.

Bahkan, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, berterima kasih atas pelayanan yang sudah diberikan Tim CdM dan NOC Indonesia.

"Ini adalah kerja baik dari CdM yang sudah menyiapkan tiga lapangan yang sangat fantastis untuk latihan dan persiapan-persiapan kita selama di Kamboja," kata Indra Sjafri.

6 dari 6 halaman

Bola.com di Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer