Sukses


Contoh Kristalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Kristalisasi adalah proses langsung mengubah cairan menjadi padat. Proses kristalisasi terjadi ketika parameter fisik seperti suhu dan tekanan bervariasi atau ketika parameter kimia seperti keasaman diubah.

Teknik kristalisasi biasanya digunakan untuk tujuan pemurnian unsur-unsur tidak murni yang terjadi secara alami dan untuk mengekstrak partikel padat yang dilarutkan dalam suatu larutan.

Ini adalah jenis perubahan fisika karena zat hanya berubah dari satu bentuk fisik ke bentuk fisik lainnya dan tidak ada zat baru yang terbentuk selama proses tersebut.

Dengan kata lain, kristalisasi adalah proses mendapatkan kristal dari larutan.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh kristalisasi dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari lamanĀ Sainsmania, Jumat (19/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Kristalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Pemanenan Garam

Pemanenan garam adalah satu di antara contoh terbaik dari proses kristalisasi dalam kehidupan nyata. Awalnya, air yang terkandung di laut dan danau asin mengalami penguapan matahari.

Garam yang tertinggal ketika air diubah menjadi uap air bersifat tidak murni dan memiliki kristal kecil. Selanjutnya dibersihkan dan disempurnakan untuk tujuan pemurnian dan untuk memastikan konsumsi yang aman.

2. Pemisahan Kristal Tawas

Pemisahan kristal tawas dari sampel tidak murni dilakukan dengan bantuan proses kristalisasi. Tawas ada di alam dalam sejumlah mineral seperti kalium.

Potas atau kalium sulfat ditemukan dalam mineral seperti kalinit, alunit, leucite, dan lain-lain. Untuk mengekstrak tawas kalium dari sampel yang tidak murni, larutan sampel diperoleh dengan mencampurkan air suling dengan sampel mentah.

Larutannya kemudian dipanaskan untuk melarutkan benar sampel dalam air suling. Larutan yang dipanaskan selanjutnya disaring dengan bantuan corong dan kertas saring.

Filtrat dipekatkan dengan terus diaduk dan sedikit memanaskan larutan yang disaring. Larutan jenuh kemudian dipindahkan ke cawan evaporasi dan didinginkan dengan menempatkan cawan dalam air. Langkah terakhir adalah pemisahan dan pengeringan kristal.

3. Kristalisasi Madu

Madu yang awalnya dimuntahkan oleh lebah bersifat cair. Molekul gula madu cenderung membentuk kristal gula bila disimpan dari waktu ke waktu dengan bantuan proses kristalisasi.

Laju pembentukan kristal gula dalam madu dapat ditingkatkan dengan menyimpannya di lingkungan yang dingin.

3 dari 5 halaman

Contoh Kristalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

4. Pembentukan Kristal Alami

Logam, batu, dan mineral yang ada di alam adalah contoh lain dari kristal di alam. Mereka dibentuk dengan menundukkan karbon mentah, dan elemen lainnya pada kondisi suhu dan tekanan ekstrem, yang merupakan proses kristalisasi alami.

Selain itu, sejumlah permata dan batu buatan juga diekstraksi dengan bantuan proses kristalisasi.

5. Serpihan Salju

Salju adalah satu di antara contoh utama dari proses kristalisasi yang terjadi di alam. Kepingan salju terbentuk karena suhu rendah dan adanya kelembaban di lingkungan.

Setiap kepingan salju bertindak sebagai kristal es kecil, yang cenderung menempel satu sama lain dan jatuh ke tanah karena beban berat.

6. Pemurnian Silikon

Silikon banyak terdapat di permukaan bumi dalam bentuk pasir. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembentukan sel surya, komponen elektronik, paduan, dan lain-lain.

Proses ekstraksi silikon dari pasir melibatkan pemanasan silika dalam tungku busur pada suhu 1800 derajat Celcius.

Silikon yang terbentuk sebagai hasil mengandung sejumlah pengotor dan dikenal sebagai silikon kelas metalurgi.

Untuk mengekstrak silikon murni, silikon kelas metalurgi selanjutnya digiling menjadi bubuk halus dan dicampur dengan hidrogen klorida.

Campuran dipanaskan lebih lanjut sampai benar-benar menguap. Proses berlangsung dalam lingkungan vakum.

Kristal silikon kelas elektronik kemudian diendapkan pada batang polisilikon yang dipanaskan dengan listrik. Kristal silikon kelas elektronik yang disimpan pada batang yang memiliki kemurnian lebih dari 99,9 persen kemudian ditarik keluar dengan paksa.

Ā 

4 dari 5 halaman

Contoh Kristalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

7. Asam urat

Asam urat adalah kondisi medis di mana seseorang mengalami nyeri akut karena pengendapan batu kapur di tulang dan sendi.

Penyebab utama penyakit semacam itu adalah kristalisasi asam urat. Kristal asam urat cenderung menumpuk di persendian, menyebabkan peningkatan gesekan yang signifikan saat bergerak, sehingga menimbulkan rasa sakit dan ketaknyamanan pada persendian dan tulang.

8. Batu Ginjal

Batu ginjal atau kandung empedu biasanya terbentuk di dalam tubuh karena proses kristalisasi. Partikel garam dan kalsium cenderung menumpuk di organ tubuh.

Kristal garam dan kalsium yang disimpan ini saling menempel dan mengalami oksidasi untuk membentuk batu-batu kecil.

Ā 

5 dari 5 halaman

Contoh Kristalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

9. Film Fotografi

Sebelum kamera digital ditemukan, film fotografi digunakan untuk menangkap gambar. Proses perekaman gambar dengan bantuan film fotografi membutuhkan eksekusi beberapa reaksi kimia.

Film fotografi terdiri dari sejumlah lapisan yang berbeda seperti lapisan anti gores, lapisan emulsi, lapisan perekat, lapisan antihalasi, dan dasar film. Lapisan anti gores melindungi film agar tidak rusak.

Lapisan perekat adalah lapisan kuat dari plastik fleksibel dan bertanggung jawab untuk memberikan dukungan ke lapisan lain dan bertanggung jawab untuk mengikat mereka di atas dasar film.

Lapisan emulsi adalah lapisan peka cahaya yang terbuat dari gelatin yang mengandung butiran perak halida. Kristal perak ini diperoleh melalui proses kristalisasi dan membantu menjebak energi cahaya dan pada dasarnya bertanggung jawab untuk menangkap gambar.

10. Pemurnian Yodium

Proses kristalisasi biasanya digunakan untuk memurnikan unsur-unsur seperti yodium atau belerang. Untuk tujuan ini, yodium ditempatkan dalam wadah dan ditutup dengan corong.

Ujung corong ditutup dengan bantuan bola kapas. Iodium kemudian dipanaskan dengan menempatkan set up di atas pembakar bunsen yang menyala.

Yodium mengalami proses sublimasi dan menghasilkan asap berwarna ungu. Asap tidak dapat keluar dari pengaturan dan terjebak dalam labu.

Asap ini kemudian diubah menjadi keadaan padat yang menyebabkan kristal yang terbentuk menempel di bagian dalam bagian lengkung corong dengan menjalani proses pengendapan. Kristal yang terbentuk selama proses itu murni di alam.

Ā 

Sumber:Ā Sainsmania

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer