Sukses


Apa itu WTO? Yuk, Kenali Penjelasan Singkatnya agar Lebih Jelas

Bola.com, Jakarta - WTO adalah singkatan dari World Trade Organization yang merupakan organisasi perdagangan berskala internasional. Tugas utama dari forum tersebut yaitu mengatur kedamaian ekonomi antarnegara di seluruh dunia.

WTO adalah organisasi yang mengawasi, mengoperasikan, serta membantu jalannya perdagangan internasional. Merupakan hasil dari ikatan perjanjian dan negosiasi hampir seluruh negara di dunia, himpunan ini membantu menyelaraskan kebutuhan global.

Saat ini anggota WTO berjumlah 164 negara. Di antara jumlah tersebut, 117 merupakan negara berkembang atau termasuk kawasan yang masih terpisah. Terkait dengan itu, setiap pihak tergabung memiliki hak untuk menyatakan pendapat dalam forum.

WTO adalah bentuk reformasi kedamaian ekonomi dalam sistem global sejak berakhirnya Perang Dunia II pada 1945.

KendatiĀ pada catatan sejarah berdirinya WTO adalah pada 1995, organisasi ini sebenarnya merupakan penerus General Agreement on Tariffs and Trade (GATT) yang telah hadir sejak 1947 dan pengganti International Trade Organization (ITO)

Agar lebih paham, berikut penjelasan lanjutan tentang WTO, dilansir dari lamanĀ Ocbcnisp, Rabu (24/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tujuan dan Tugas WTO

Terkait aturan dan peran GATT sebelumnya, WTO adalah pihak yang mengurus perihal perdagangan jasa serta kekayaan intelektual. Lalu, ketika ada kekurangan produksi di negara berkembang, organisasi berikut bisa membantu membangun volume ekspor impor.

Agar lebih memahami tugas WTO, berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Meminimalkan hingga menghapuskan hambatan yang mengganggu proses dagang barang dan jasa global.
  2. Membantu kelancaran kegiatan transaksi ekonomi internasional.
  3. Mengatur adanya perjanjian jual beli resmi antarnegara.
  4. Memfasilitasi forum negosiasi untuk keperluan perundingan kesepakatan.
  5. Mengawasi kebijakan perdagangan setiap anggota.
  6. Memberikan bantuan pada negara berkembang.
  7. Menjalin kerja sama dengan organisasi dunia seperti Bank Dunia (World Bank) dan International Monetary Fund (IMF).

Sedangkan, tujuan pembentukan WTO adalah membuat perdagangan antarnegara menjadi makin terbuka, memakmurkan masyarakat global, serta menyelesaikan masalah ekonomi internasional.

3 dari 4 halaman

Prinsip Dasar WTO

Satu di antaraĀ  dasar pendirian WTO adalah Perjanjian Marrakesh yang mengutarakan bahwa perdagangan seharusnya memperbaiki taraf hidup, meningkatkan pendapatan riil, memastikan adanya lapangan kerja, serta melebarkan spektrum konsumsi barang dan jasa.

Selain itu, sudah selayaknya WTO adalah pihak yang mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dunia sehingga memajukan negara-negara berkembang.

Sehubungan dengan informasi tersebut, anggota tergabung telah menyetujui prinsip dasar WTO sebagai aturan resmi perdagangan antarnegara sebagai berikut:

1. Perlakuan Nasional dan Adil (National Treatment)

Satu di antara prinsip dasar WTO adalah menghilangkan segala bentuk diskriminasi terhadap produk ekspor dan impor dari setiap negara anggota.

Perbedaan dalam hal pungutan dalam negeri, undang-undang, peraturan, rangkaian persyaratan yang berperan dalam penawaran, penjualan, pembelian, distribusi serta aturan terkait jumlah merupakan larangan.

2. Prinsip Pengikatan Tarif (Tarif Binding)

Prinsip pengikatan tarif meliputi kepemilikan daftar produk bea masuk yang wajib diikat (legally bound). Tujuan dari prinsip tersebut yaitu agar tidak terjadi perubahan pungutan masuk pada suatu negara secara sembarangan.

3. Perlakuan Khusus dan Berbeda bagi Negara Berkembang

Prinsip selanjutnya dari WTO adalah perlakuan khusus dan berbeda bagi negara berkembang atau juga dikenal sebagaiĀ Special and Differential Treatment For Developing Countries.

Tujuan prinsip ini yaitu mendorong partisipasi negara berkembang untuk turut ikut serta dalam forum ekonomi global serta membantu dalam mengaplikasikan aturan WTO.

4. Perlindungan Hanya pada Tarif

Prinsip berikut diatur dalam Pasal XI dan mensyaratkan bahwa perlindungan atas industri dalam negeri hanya diperkenankan melalui tarif.

4 dari 4 halaman

Daftar Persetujuan WTO

Tercatat dalam daftar persetujuan WTO, Putaran Uruguay menghasilkan sekitar 60 persetujuan yang meliputi kesepakatan, keputusan, serta lampiran dan tercantum pada The Legal Text.

Sebagai tambahan informasi, seluruh persetujuan WTO adalah berisi barang, jasa, dan kekayaan intelektual yang berprinsip liberal. Sehubungan dengan itu, berikut struktur dasar persetujuan organisasi ekonomi internasional ini:

  • Penyelesaian masalah sengketa (Dispute Settlements)
  • Barang atau goods (General Agreement on Tariff and Trade/GATT)
  • Jasa (General Agreement on Trade and Services/GATS)
  • Kepemilikan intelektual (Trade-Related Aspects of Intellectual Properties/TRIPs)

Ā 

Sumber:Ā Ocbcnisp

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer