Sukses


Contoh Paragraf Narasi Singkat yang Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Narasi merupakan gaya pengungkapan yang bertujuan menceritakan atau mengisahkan rangkaian kejadian atau peristiwa berdasarkan perkembangannya dari waktu ke waktu sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalaminya.

Paragraf narasi dimaksudkan untuk memberi tahu pembaca atau pendengar tentang sesuatu. Ciri utama paragraf narasi adalah adanya peristiwa, baik yang terjadi, berupa imajinasi maupun gabungan keduanya, yang dirangkai dalam urutan waktu.

Di dalam peristiwa itu terdapat tokoh yang menghadapi suatu konflik. Konflik itulah yang dapat menambah daya tarik cerita. Jadi, ketiga unsur pokok sebuah narasi berupa kejadian, tokoh, dan konflik.

Sama seperti paragraf eksposisi, paragraf ini dapat kamu temukan di surat kabar, karya ilmiah, hingga karya sastra seperti novel dan cerpen.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh paragraf narasi singkat, dikutip dari lamanĀ 99, Rabu (24/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Contoh Paragraf Narasi tentang Pendidikan

Ilmu adalah suatu hal yang penting di dunia ini. Ilmu bisa membuat manusia menjadi mulia dan ilmu juga bisa membuat manusia menjadi kejam. Lantaran pentingnya ilmu, junjungan kita semua yakniĀ Nabi Muhammad saw. telah memerintahkan untuk menuntut ilmu hingga ke negeri China. Adapun yang dimaksud menuntut ilmu hingga ke negeri China adalah kita dianjurkan untuk mencari ilmu hingga ke tempat yang sangat jauh. Dengan menuntut ilmu, kita pasti akan menjadi orang yang berilmu.

Contoh Paragraf Narasi tentang Kebersihan Lingkungan

Hari masih pagi ketika paman menyapu pekarangan rumah. Sementara bibi sibuk membuat sarapan pagi di dapur. Paman mengajak saya untuk membersihkan halaman depan rumah. Selain menyapu, kami membuat lubang untuk membakar sampah. Tidak seperti di daerah perkotaan, kami warga desa, membuang sampah di halaman, yakni dengan membuat lubang untuk membakarnya yang di sana setiap hari. Cara tersebut lebih efektif untuk menanggulangi masalah sampah. Sedangkan sampah yang tidak bisa diuraikan, akan dikubur.

Paragraf Narasi tentang Anak Kuliah

Tepat pada 16 Januari, kami mahasiswa diliburkan oleh kampus selama satu bulan karena sudah memasuki masa libur. Lantaran banyak waktu luang, saya agak sedikit leluasa memenuhi keinginan saya untuk pergi ke mana saja. Satu di antara kegiatan yang saya ingin lakukan adalah mendaki Gunung Salak.

Gunung Salak merupakan gunung yang berada di dekat kampung saya. Sudah lama saya tidak menyusuri alam gunung yang satu ini. Meski kata orang Gunung Salah dianggap angker, saya sudah cinta pada tempat ini. Wilayah yang masih asri dan hijau selalu menjadi daya tarik ketika mendaki di sini.

3 dari 4 halaman

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Contoh Paragraf Narasi tentang Kesehatan

Tubuh Hani terlihat makin lemas. Dari tadi dia terlihat tidak konsentrasi terhadap pelajaran yang sedang berlangsung. Pikirannya makin berkunang-kunang dengan pandangan yang kian kabur. Kemudian terlihat Hani tergeletak di lantai sebelah kanan bangku tempat duduknya. Anak-anak di kelas menjadi panik dan membawa Hani ke UKS.

Setelah ditunggu akhirnya Hani tersadar. Anak-anak yang disuruh menjaga Hani merasa senang melihat temannya sudah sadar. Hani menceritakan kepada teman-temannya bahwa tadi pagi ia tidak sarapan sehingga tubuh terasa lemas dan tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar.

Mendengar hal itu, akhirnya teman-teman Hani memberikan sepotong roti dan air mineral agar perutnya terisi makanan. Setelah tubuhnya kuat dan kembali pulih maka Hani bisa berkonsentrasi lagi mengikuti pelajaran di dalam kelas.

Contoh Paragraf Narasi tentang Covid-19

Kasus positif COVID-19 di Jakarta masih terus bertambah sejak kali pertama diumumkan 2 Maret 2020 lalu. Pada Senin, 1 Desember kemarin, kasus positif COVID-19 di Jakarta telah mencapai 7.383 pasien. Sejauh ini, total 2.246 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 521 pasien meninggal dunia.

Paragraf Narasi tentang Diri Sendiri

Setiap Minggu pagi, saya selalu meluangkan waktu berjalan-jalan ke taman kota untuk berolahraga. Setelah berjalan-jalan, saya biasanya beristirahat di bangku taman yang ada di taman. Sesampainya di bangku, saya merasakan hangat di pantat, saya pun kembali berdiri ternyata saya menduduki tahi burung merpati. Semula ingin berlama-lama di taman yang sejuk, saya harus bergegas pulang untuk mengganti celana.

4 dari 4 halaman

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Contoh Paragraf Narasi tentang Kampus

Usia bangunan kampus kami memang sudah tergolong tua sehingga ada beberapa bagian sudah terlihat usang serta rusak. Maka itu sudah beberapa hari ini, ada perbaikan di beberapa sudut bangunan agar lingkungan kampus semakin nyaman. Perbaikan meliputi area kantin, ruangan dosen, hingga area basecamp eskul kampus.

Paragraf Narasi tentang Lingkungan Sekolah

Belum lama ini bangunan sekolahku mengalami renovasi untuk seluruh ruangan kelas. Perbaikan tersebut dimulai dari keramik, jendela, hingga plafon. Renovasi besar-besaran ini bertujuan untuk menambah kenyamanan para murid untuk berlajar. Selain itu, sekarang area sekolah sudah dilengkapi dengan lapang bola dan basket yang bisa kami pakai untuk olahraga.

Ā 

Sumber: 99

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer