Sukses


Arti Inspirasi dan Cara Mendapatkannya

Bola.com, Jakarta - Inspirasi adalah proses atau pengaruh yang membuat seseorang merasakan energi positif dan membuat hari lebih menyenangkan.

Hal tersebut yang membuat inspirasi sangat dibutuhkan untuk menjalani hari-hari dan menjadi bagian penting dalam produktivitas diri seseorang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI) Daring, inspirasi adalah ilham atau imajinasi yang berbentuk daya cipta atau kreativitas.

Sementara itu, menurut English Collins Dictionary, inspirasi adalah stimulasi atau gairah pikiran, perasaan, untuk aktivitas atau kreativitas khusus atau tidak biasa.

Inspirasi mendorong seseorang bersikap positif dan mengubah cara seseorang memandang kemampuannya sendiri.

Agar lebih paham lagi, berikut cara mendapatkan inspirasi, disadur dari Liputan6, Kamis (25/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Inspirasi

- Membaca

Kadang-kadang hanya perlu satu kalimat untuk mengarahkan pikiran pada apa yang ingin dicapai. Membaca sesuatu yang menyentuh hati dan pikiran mengingatkan bahwa jalan menuju kesuksesan sepadan dengan kerja keras.

- Perluas jaringan sosial

Menghabiskan waktu dengan orang yang sama setiap hari mungkin terasa nyaman, tetapi juga dapat menyebabkan stagnasi.

Cobalah untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang baru, terutama mereka yang terlibat dalam aktivitas yang berbeda darimu. Kamu makin dekat dengan ide dan wawasan baru.

- Olahraga

Keluar, menggerakkan tubuh, menghirup udara segar, dan berolahraga hingga berkeringat adalah cara yang sangat kreatif untuk menemukan inspirasi.

Saat sedang bekerja, pikiran hanya terfokus pada tugas yang ada, yang menyisakan sedikit ruang untuk aktivitas otak kanan seperti inspirasi untuk muncul. Saat berolahraga, otak kiri terganggu oleh tugas berolahraga, memungkinkan lebih banyak emosi dan ide otak kanan muncul.

- Musik

Musik bisa menjadi satu di antara cara paling langsung untuk menemukan inspirasi. Musik akan menghasilkan emosi dan menjadi dorongan untuk inspirasi. Jadi, jika ingin mencari inspirasi, dengarkan musik yang bagus.

- Kisah orang lain

Cara terbaik untuk menemukan inspirasi adalah dengan mempelajari orang-orang inspiratif lainnya. Baca mereka atau tonton film yang menyentuh hati.

Jika merasa kehabisan inspirasi, luangkan satu hari untuk membaca, menonton film, atau mengamati orang lain yang telah berhasil melawan segala rintangan.

3 dari 3 halaman

Peran Inspirasi

Dilansir dari Harvard Business Review, psikolog humanistik Amerika, Scott Barry Kaufman, memaparkan pentingnya inspirasi dalam kehidupan. Menurut Kaufman, pentingnya inspirasi adalah:

Inspirasi memiliki tiga kualitas utama

Psikolog Todd M. Thrash dan Andrew J. Elliot telah mencatat aspek inti dari inspirasi: kebangkitan, transendensi, dan motivasi pendekatan.

Pertama, inspirasi muncul secara spontan tanpa niat. Inspirasi juga melampaui kepedulian dan keterbatasan.

Transendensi semacam itu sering kali melibatkan momen kejelasan dan kesadaran akan kemungkinan-kemungkinan baru.

Akhirnya, inspirasi melibatkan motivasi pendekatan, di mana individu berusaha untuk mengirimkan, mengekspresikan, atau mengaktualisasikan ide atau visi baru.

Inspirasi meningkatkan kesejahteraan

Orang yang terinspirasi mengalami tingkat pengaruh positif yang lebih tinggi. Inspirasi erat kaitannya dengan masa depan daripada kepuasan saat ini. Ini semuanya terkait dengan kesejahteraan individu.

Orang yang terinspirasi memiliki karakteristik tertentu. Thrash dan Elliot mengembangkan "skala inspirasi", yang mengukur frekuensi seseorang mengalami inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka menemukan bahwa orang yang terinspirasi lebih terbuka untuk pengalaman baru dan melaporkan lebih banyak kesibukan dalam tugas mereka.

Individu yang terinspirasi juga melaporkan memiliki dorongan yang lebih kuat untuk menguasai pekerjaan mereka.

Inspirasi dikaitkan dengan penguasaan pekerjaan, penyerapan, kreativitas, kompetensi yang dirasakan, harga diri, dan optimisme.

Inspirasi memfasilitasi kemajuan menuju tujuan

Orang-orang yang umumnya lebih terinspirasi dalam kehidupan sehari-hari cenderung menetapkan tujuan yang terinspirasi, yang kemudian lebih mungkin untuk dicapai dengan sukses.

Kemajuan tujuan dan inspirasi tujuan saling membangun untuk membentuk siklus inspirasi tujuan yang lebih besar dan pengejaran tujuan yang lebih besar.

Inspirasi adalah batu loncatan untuk kreativitas

Orang yang terinspirasi melihat diri mereka lebih kreatif dan menunjukkan peningkatan aktual dalam penilaian diri kreativitas seiring waktu.

Hubungan antara inspirasi dan kreativitas konsisten dengan aspek transenden dari inspirasi, karena kreativitas melibatkan melihat kemungkinan di luar batasan yang ada.

Inspirasi tidak sama dengan pengaruh positif

Dibandingkan dengan pengalaman normal dalam kehidupan sehari-hari, inspirasi melibatkan peningkatan pengaruh positif dan keterlibatan tugas, serta pengaruh negatif tingkat rendah.

Namun, inspirasi tidak sama dengan pengaruh positif. Pengaruh positif diaktifkan ketika seseorang membuat kemajuan menuju tujuan langsung dan sadar mereka. Inspirasi lebih terkait dengan kebangkitan untuk sesuatu yang baru, lebih baik, atau lebih penting.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Rizky Mandasari. Published: 1/6/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer