Sukses


Jenis-Jenis Tari Kreasi beserta Contohnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tari adalah seni ekspresi jiwa dalam bentuk gerak yang indah dengan iringan tertentu. Ada beragam jenis tari, satu di antaranya ialah tari kreasi. Apa itu tari kreasi?

Tari kreasi adalah jenis tari dengan pola gerak berasal dari gerak-gerak tari tradisional yang sudah ada. Pengembangan tari kreasi ini dilakukan dengan pengolahan gerak yang lebih bervariatif.

Dalam tari kreasi dapat memasukkan unsur-unsur baru sehingga menambah nilai estetis dari tari kreasi tersebut. Gerak-gerak dalam tari kreasi dapat pula dipengaruhi oleh gaya gerak tari dari daerah lain.

Tari kreasi memiliki keunikan dan keragaman yang berbeda-beda, baik tari kreasi antardaerah maupun tari kreasi antarnegara.

Perkembangan zaman sangat berpengaruh terhadap perkembangan tari kreasi sehingga tari kreasi berkembang menjadi beraneka ragam.

Ada dua jenis tari kreasi yang penting untuk diketahui. Apa saja jenis tari kreasi tersebut?

Berikut ini jenis-jenis tari kreasi lengkap beserta penjelasan singkatnya, dilansir dari simpkb.id, Kamis (25/5/2023).

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Tari Kreasi

Agar kamu dapat membedakan tari kreasi dengan jenis tari lainnya, kamu harus mengetahui ciri-cirinya. Adapun beberapa ciri-ciri dari tari kreasi adalah sebagai berikut:

1. Tari kreasi mengikuti perkembangan zaman.

2. Mengungkapkan ekspresi dan kreativitas.

3. Tetap mempertahankan nilai dan makna tradisional.

4. Diiringi dengan musik modern yang sesuai dengan gerakan tari.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Tari Kreasi

1. Tari kreasi berpola tradisi

Tari kreasi berpola tradisi adalah tari kreasi yang garapannya dilandasi oleh kaidah-kaidah tari tradisi, baik secara koreografi, iringan, rias busana maupun tata teknik pentasnya tanpa menghilangkan esensi tradisinya.

2. Tari kreasi tidak berpola tradisi (nontradisi)

Tari kreasi tidak berpola tradisi adalah tari kreasi yang betul-betul lepas dari unsur tradisi, baik gerak, iringan, maupun rias busananya. Tari jenis ini dikenal pula sebagai tari kontemporer.

Tarian ini bisa dimasukkan ke kategori tari modern, yang istilahnya berasal dari kata Latin yaitu 'modo', yang berarti baru saja.

4 dari 5 halaman

Fungsi Tari Kreasi

Berikut ini fungsi tari kreasi:

Menghibur Penonton

Tari kreasi memiliki fungsi sebagai hiburan yang dapat ditampilkan di berbagai kegiatan. Tari tersebut dapat disaksikan oleh penonton yang hadir dalam sebuah acara.

Adanya tari kreasi dapat menghibur masyarakat dan memperkenalkan tari-tarian dengan gaya yang lebih unik.

Menceritakan Kisah Budaya Tertentu

Tari kreasi dapat menyajikan sebuah kisah yang ditampilkan melalui gerakan tari. Sama seperti tari tradisional pada umumnya, dalam sebuah tari kreasi ada yang menceritakan sebuah kisah budaya tertentu dengan menyesuaikan zaman dan lebih modern.

Menampilkan Hiburan Modern Tanpa Meninggalkan Unsur Budaya

Walaupun adanya kreasi dan kebebasan berekspresi dalam membuat tarian ini, tari kreasi daerah tetap tidak meninggalkan unsur budaya dari tari yang dikembangkan.

Keunikan tari kreasi adalah para penari membawakan sesuatu yang modern tanpa menghilangkan makna dan nilai asli tari tersebut.

Melestarikan Budaya

Adanya pengembangan dari tari kreasi telah membuat keunikan tersendiri dari modifikasi tari yang dikembangkan.

Tidak terkekang oleh zaman, tari kreasi adalah tari yang berusaha memberikan nuansa baru sehingga mampu memperkenalkan kepada penonton mengenai budaya yang ada. Secara tidak langsung hal ini menjadi satu di antara cara melestarikan budaya.

5 dari 5 halaman

Contoh Tari Kreasi dan Keunikannya

Tari kreasi berkembang dari gerak tari tradisional yang sudah ada. Susunan gerak tari kreasi tidak terikat olah adanya aturan baku sebagaimana jenis tari klasik. Berikut ini contoh tari kreasi dengan keunikannya:

1. Tari Gegot dari Betawi

Tari Gegot merupakan satu di antara tari dari Betawi yang diciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini Kisam.Tari ini menggambarkan tentang sekelompok remaja putri Betawi yang sedang bersenda gurau, menikmati indahnya masa remaja yang penuh canda.

Ide garap tari berasal dari dua karakter topeng yang mewarnai kehidupan manusia sehari-hari, yaitu karakter panji sebagai inspirasi pergaulan, dan karakter jingga sebagai inspirasi gerak canda sehingga lahirlah tari pergaulan yang penuh dengan gerak canda, sebagai arti dari sebuah kebersamaan.

2. Tari Ronggeng Blantek

Tari Ronggeng Blantek diciptakan oleh Wiwiek Widyastuti. Tarian ini diangkat dari teater Betawi, yaitu Topeng Blantek. Tarian ini ditampilkan sebagai pembuka dalam pertunjukan Topeng Betawi tersebut.

Dalam perkembangannya, tarian ini menjadi tarian lepas dan banyak diminati penonton hingga akhirnya dijadikan sebagai tari penyambutan tamu.

Ide penciptaan tari terinspirasi oleh adanya parade tari daerah yang harus memiliki standar pengembangan kearifan berkesenian.

3. Tari Saman

Tari Saman merupakan tari tradisi dari Aceh, tepatnya merupakan tarian yang lahir ditengah masyarakat Suku Gayo, Aceh Tenggara.

Tari ini biasa ditampilkan dalam peristiwa-peristiwa penting Suku Gayo dan saat merayakan kelahiran Nabi Muhammad saw.

 

Sumber: Simpkb.id

Baca artikel seputar tari lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer