Sukses


Bacaan Doa Masuk Pasar yang Dibaca Rasulullah beserta Adab saat Berbelanja

Bola.com, Jakarta - Pasar adalah satu di antara tempat yang sibuk dan ramai, di mana aktivitas jual beli berlangsung setiap hari. Bagi sebagian orang, pasar bukan hanya tempat mencari kebutuhan sehari-hari, tetapi juga tempat untuk mencari nafkah dan berinteraksi dengan sesama pedagang dan pembeli.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sebaiknya kita tidak hanya berfokus pada aspek materi, tetapi juga menjaga aspek spiritualitas. Satu di antara cara yang dianjurkan dalam agama Islam adalah dengan membaca doa ketika memasuki pasar.

Doa ini merupakan ungkapan rasa syukur dan memohon perlindungan kepada Allah Swt. agar tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebaikan dan akhlak dalam bertransaksi dan berinteraksi dengan sesama.

Selain doa memasuki pasar, ada juga adab-adab yang perlu diperhatikan oleh umat muslim ketika sedang berbelanja di pasar.

Berikut bacaan doa masuk pasar yang dibaca Rasulullah beserta adab saat berbelanja, disadur dari Dream, Jumat (26/5/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Masuk Pasar

Ketika umat muslim hendak belanja di pasar, jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa ini mampu menjauhkanmu dari hal-hal yang buruk saat belanja, dijauhkan dari keburukan saat transaksi, dan menghadirkan keberkahan. Berikut adalah doa masuk pasar yang dibaca oleh Nabi Muhammad saw:

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan.

Artinya:

"Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan."

 

Selain itu, ada juga doa masuk pasar lainnya yang bisa umat muslim amalkan berikut ini:

Lâilâha illâLlâhu wahdahu lâ syarîkalahu, lahu-l-mulku wa lahu-l-hamdu yuhyî wa yumîtu wa huwa hayyun lâ yamûtu biyadihi-l-khair wahuwa ‘alâ kulli syai-in qadîr.

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Allah. Maha Tunggal. Tiada sekutu bagi-Nya. Dialah pemilik kekuasaan dan segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Mampu atas segala sesuatu."

Dengan membaca doa masuk pasar di atas maka dijelaskan dalam hadir yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, bahwa Allah Swt. akan mencatat satu juta kebaikan dan menghapuskan satu juta keburukan, serta meninggikan untuk orang yang membacanya satu juta derajat.

3 dari 3 halaman

Adab saat Belanja di Pasar

Setelah mengetahui bacaan doa masuk pasar, umat muslim juga perlu mengetahui apa saja adab yang perlu diperhatikan saat berbelanja di pasar. Berikut beberapa adab belanja di pasar yang perlu umat muslim ketahui:

Berzikir saat Masuk Pasar

Adab pertama saat belanja di pasar adalah berzikir. Para ulama pun menganjurkan zikir yang dibaca adalah berikut ini:

"Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiit wa huwa hayyu laa yamuut bi yadihil khoir wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.”

Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa zikir di atas berasal dari hadis yang tidak sahih. Namun, karena perintah untuk berzikir yang disebutkan itu umum, di mana pun tetap dianjurkan berzikir. Maka zikir tersebut boleh dibaca tanpa meyakini keistimewaannya.

Bahkan dengan membaca zikir di pasar itu lebih baik karena artinya berzikir di tengah orang-orang yang lalai. Di mana setiap orang sedang sibuk untuk melakukan transaksi dan jarang yang mengingat Allah Swt.

Masuk Pasar Seperlunya

Adab yang kedua adalah masuk pasar seperlunya saja. Hal ini karena di dalam pasar ada banyak maksiat, kecurangan, dan perbuatan yang sia-sia.

Dengan begitu, amalan kebaikan di dalam pasar pun terbilang sedikit. Dijelaskan oleh Salman Al-Farisi r.a. berikut:

"Jika Anda mampu, janganlah menjadi orang yang pertama kali masuk pasar. Jangan pula menjadi yang terakhir keluar dari pasar. Sebab. pasar adalah tempat perangnya setan, di sanalah ia menancapkan benderanya."(HR. Muslim)

Jujur dan Amanah

Adab berikutnya saat belanja di pasar adalah jujur dan amanah. Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda:

"Tanda orang munafik itu ada tiga, dusta dalam perkataan, menyelisihi janji jika membuat janji dan khianat terhadap amanah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian Rasulullah saw. juga bersabda:

"Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat) kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah, berbuat baik, dan berlaku jujur." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Menundukkan Pandangan

Satu di antara adab saat berbelanja di pasar adalah menundukkan pandangan. Perintah ini pun telah dijelaskan dalam Al-Quran melalui surah An-Nur ayat 30 - 31 yang artinya berikut ini:

"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya."(QS. An-Nuur: 30-31)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 24/11/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mngeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer