Sukses


8 Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Bisa Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Suasana hati merupakan satu di antara hal yang sangat sulit untuk diprediksi. Adakalanya suasana hati tidak selalu baik, yang akhirnya bisa memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Tidak hanya bisa menurunkan kualitas hidup, suasana hati yang buruk bisa menganggu hubungan kita dengan orang lain.

Kondisi suasana hati yang buruk bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki, perempuan, tua, maupun muda.

Jika kamu pernah mengalaminya, itu wajar. Namun, jangan biarkan kita terus terjebak di dalam suasana hati yang demikian, bahkan menguasaimu.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengatur suasana hati agar cepat membaik?

Berikut ini delapan cara memperbaiki suasana hati yang bisa kamu terapkan, dikutip dari laman Environhealthprevmed.biomedcentral dan Webmd, Minggu (28/5/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati

1. Melakukan Meditasi

Meditasi dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi stres dan kecemasan. Ada berbagai jenis meditasi yang dapat kamu lakukan, seperti meditasi fokus, meditasi Kundalini, dan meditasi mindfulness.

Kamu bisa melakukannya selama 10-20 menit setiap harinya.

2. Cukup Tidur

Tidur dan suasana hati berjalan beriringan. Jika waktu tidur kurang, hal itu dapat mengganggu performa kerja dan cara berpikir pada hari berikutnya. Dampaknya, kamu berisiko tinggi mengalami suasana hati yang buruk.

Tidurlah selama 8,5 jam hingga 9,5 jam per hari agar fisik dan psikis menjadi lebih fit dan tenang. Ciptakan lingkungan kamar tidur yang tenang, gelap, dan rapi untuk membantumu tidur.

3 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati

3. Mendengarkan Musik

Musik dapat digunakan sebagai satu di antara terapi relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik mampu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan mood.

Musik bahkan kerap digunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan emosional.

4. Jalan-Jalan ke Luar Rumah

Berada di alam membantu meningkatkan suasana hati dan bahkan mengoptimalkan fungsi sistem saraf. Hal ini dibuktikan oleh studi pada 2010 yang dipublikasikan di jurnal Environmental Health and Preventive Medicine.

Studi tersebut menemukan bahwa lingkungan hutan mempromosikan konsentrasi kortisol yang lebih rendah, denyut nadi lebih rendah, tekanan darah rendah, aktivitas saraf parasimpatis yang lebih besar, dan aktivitas saraf simpatis yang lebih rendah daripada lingkungan kota.

4 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati

5. Olahraga

Olahraga adalah cara alami untuk melepaskan endorfin, yang digambarkan sebagai penawar hormon otak terhadap rasa sakit dan stres. Pelepasan endorfin di otak bisa terasa seperti melepaskan pasukan untuk memerangi suasana hati yang buruk.

6. Habiskan Waktu dengan Orang Terdekat

Kamu mungkin memiliki momen ketika menginginkan sedikit ruang untuk mengumpulkan pikiran atau menemukan sedikit waktu untuk me time. Namun, penting untuk membedakan waktu sendirian yang dihabiskan untuk melakukan sesuatu yang mengangkat suasana hati (seperti olahraga, meditasi, atau membaca buku).

Kegiatan ini akan lebih baik daripada menghabiskan waktu untuk mengambil tindakan yang membuatmu makin terpuruk (seperti makan berlebihan atau browsing internet tanpa tujuan).

5 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati

7. Mengakui Apa yang Dirasakan

Menekan suasana hati yang buruk memang sangat sulit. Alih-alih mencoba mengubur emosi negatifmu, sadari apa yang kamu rasakan dan luapkan.

Jika kamu tidak mengakui dan hanya memendam suasana hati yang buruk, hal tersebut dapat merugikan dan membahayakan kondisi kesehatan. Kamu bisa menjadi kesepian dan mengalami stres fisik.

8. Beribadah

Cara menghilangkan suasana hati buruk yang satu ini sering kali dilupakan. Padahal, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan membawamu merasa lebih tenang dan nyaman. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan.

Selain itu, jika kamu menyalahkan semuanya dan merasa tidak adil, cobalah selalu bersyukur dan berdamai dengan diri sendiri untuk membantu melegakan bad mood.

 

Sumber: Environhealthprevmed.biomedcentral, Webmd

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer