Sukses


Arti Pangsa Pasar beserta Manfaat dan Cara Menghitungnya

Bola.com, Jakarta - Market share atau pangsa pasar adalah sebuah informasi yang memberikan gambaran total penjualan dari suatu perusahaan terhadap segmen pasar tertentu.

Biasanya data ditampilkan dalam bentuk persentase. Secara umum, pangsa pasar adalah data penjualan bisnis yang dibagi dengan total penjualan industri yang sama.

Dengan demikian, hasil dari cara menghitung pangsa pasar adalah persentase perbandingan antara satu bisnis dengan kompetitor bisnis lainnya yang sama.

Informasi dari persentase pangsa pasar bisa menjadi sebuah acuan bagi bisnis. Mereka dapat mengukur performa dan kualitas strategi bisnis yang dijalankan.

Selain itu, jika suatu perusahaan menjadi yang paling unggul dalam total penjualan di industri, mereka akan disebut sebagai market leader.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang pangsa pasar, dilansir dari lamanĀ Ocbcnisp, Selasa (30/5/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Pangsa Pasar

Identifikasi kinerja bisnis

Pangsa pasar adalah satu di antara indikator yang digunakan perusahaan untuk mengetahui peringkat mereka dari segi penjualan dibandingkan kompetitor mereka. Keberhasilan penjualan menjadi sebuah indikasi positif untuk pertumbuhan perusahaan.

Dalam hal ini, manfaat mengetahui pangsa pasar yaitu menilai sejauh mana perkembangan perusahaan dalam industri sejenis. Persentase pangsa pasar yang makin tinggi menandakan makin besar pula keuntungannya.

Pengembangan segmentasi pelanggan

Manfaat kedua dari data pangsa pasar adalah memperluas pangsa pasar itu sendiri. Persentase tinggi dengan implementasi dan target konsumen yang telah dijalankan menandakan bahwa segmentasi telah dilakukan dengan baik.

Maka itu, adanya indikator positif dapat menjadi langkah awal untuk memperluas pangsa pasar dan membentuk basis pelanggan baru. Loyalitas pelanggan juga secara tidak langsung dinilai sebagai faktor terbentuknya segmentasi secara alami.

Peningkatan performa

Data pada pangsa pasar adalah persentase yang menunjukkan performa seluruh bisnis dalam industri.

Dengan adanya informasi tersebut, baik market leader ataupun lainnya akan menggunakannya sebagai acuan untuk terus meningkatkan performa bisnis mereka, baik dari segi pelayanan maupun produksi.

Menambah reputasi perusahaan

Manfaat lainnya dari adanya pangsa pasar adalah peningkatan reputasi atau citra perusahaan.

Misalnya, suatu perusahaan selama periode tertentu berturut-turut sukses menduduki posisi market leader dalam industri mereka. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa kualitas produk mereka baik dan lebih disukai oleh konsumen.

Itulah mengapa, konsumen lain yang belum mencoba akan lebih tertarik untuk turut menggunakan produk serupa. Jadi, selain memberikan data penjualan, pangsa pasar merupakan media untuk memperbaiki bahkan meningkatkan branding atau reputasi perusahaan.

3 dari 4 halaman

Jenis Pangsa Pasar

Volume market share

Jenis pangsa pasar satu ini mengacu pada jumlah keseluruhan produk yang dijual oleh suatu perusahaan dari seluruh total penjualan dalam industri tersebut.

Value market share

Value market share merupakan total keseluruhan saham pada bisnis yang nilainya diambil dari akumulasi penjualan segmennya.

4 dari 4 halaman

Cara Menghitung Pangsa Pasar

Tahap pertama dalam cara menghitung pangsa pasar yaitu mengetahui total penjualan dari satu perusahaan dan total penjualan di industri tersebut. Berikut rumus cara menghitung pangsa pasar:

Pangsa pasar == (nilai penjualan perusahaan X / total nilai penjualan pada pasar yang sama) x 100%

Cara menghitung pangsa pasar memang sederhana, tetapi manfaat yang diberikan dapat memberikan sejumlah informasi penting untuk kemajuan bisnis.

Ā 

Sumber:Ā Ocbcnisp

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer