Sukses


Arti Lambang dan Bunyi Pancasila yang Perlu Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Pancasila merupakan landasan dan ideologi negara Republik Indonesia dan kali pertama dikemukakan oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Tanggal 1 Juni kemudian dijadikan Hari Lahir Pancasila. Kata Pancasila diambil dari dua suku kata bahasa Sanskerta, yaitu "panca" berarti lima dan "sila" yang berarti dasar atau asas.

Jadi, secara harfiah, Pancasila berarti lima prinsip atau lima nilai dasar.

Lambang Pancasila adalah burung Garuda yang mempunyai lima perisai. Dalam perisai tersebut, terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila pertama hingga sila kelima Pancasila.

Nah, mengingat peringatan Hari Lahir Pancasila sudah dekat, tak ada salahnya kamu mempelajari arti lambang dan bunyi Pancasila.

Berikut ini rangkuman tentang arti lambang dan bunyi Pancasila yang perlu dipelajari dan diketahui, dikutip dari laman bpip.go.id dan kemdikbud.go.id, Senin (29/5/2023).

2 dari 3 halaman

Arti Lambang Pancasila

- Arti Lambang Sila Pertama

Bintang berwarna kuning; Bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di bagian tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Hal ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

- Arti Lambang Sila Kedua

Rantai; Terdiri dari mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Keterkaitan itu memiliki makna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu-membahu, dan saling membutuhkan.

- Arti Lambang Sila Ketiga

Pohon beringin; Merupakan pohon besar yang bisa digunakan oleh banyak orang sebagai tempat berteduh di bawahnya. Hal tersebut dikorelasikan sebagai negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah naungan negara Indonesia.

Tak hanya itu saja, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Hal ini dikorelasikan dengan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

- Arti Lambang Sila Keempat

Kepala bateng; Memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan.

- Arti Lambang Sila Kelima

Padi dan kapas; Simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil ialah yang bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata.

3 dari 3 halaman

Bunyi Pancasila

  • Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Persatuan Indonesia.
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Sumber: bpip.go.id, kemdikbud.go.id

Baca artikel seputar arti lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer