Sukses


Manfaat Niacinamide bagi Wajah yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Nicotinamide atau niacinamide adalah zat turunan dari niacin (vitamin B3). Meski namanya sekilas sama, niacinamide dan niacin memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Pasalnya, niacinamideĀ diproduksi ketika tubuh kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan.

Dalam dunia dermatologi, niacinamide adalah zat yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berjerawat dan bercak atau noda bekas jerawat, serta membantu mengendalikan peradangan kulit akibat eksim dan acne rosacea.

Zat ini bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu peradangan di tubuh.

Niacinamide juga membantu memperbaiki DNA dan mengendalikan inflamasi. Vitamin ini juga meningkatkan energi sel agar bisa berfungsi optimal.

Agar lebih paham lagi, berikut manfaat niacinamide, dilansir dari lamanĀ Siloamhospitals, Selasa (30/5/2023).

2 dari 3 halaman

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

1. Melembapkan Kulit WajahĀ 

Niacinamide diketahui dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghambat lemak) sehingga bisa menjaga kulit tetap lembap.

Fungsi niacinamide dalam melembapkan wajah dapat dirasakan oleh semua jenis kulit wajah, mulai kulit wajah kering hingga kulit wajah yang sensitif.

Niacinamide juga dapat membantu membangun keratin (sejenis protein) di kulit dan mengunci kelembapannya sehingga kulit dapat terhindar dari kerusakan akibat lingkungan.

2. Mengobati JerawatĀ 

Niacinamide adalah satu di antara kandunganĀ skincareĀ yang cocok digunakan oleh orang dengan kulit berjerawat, termasuk jerawat yang meradang dan parah, sepertiĀ jerawat pustula.

Pasalnya, niacinamide diketahui dapat meningkatkan fungsiĀ skin barrier sehingga berfungsi tidak hanya mengunci kelembapan, tetapi juga dapat mencegah timbulnya iritasi akibat bakteriĀ penyebab munculnya jerawat.Ā 

3. Mengatasi Bekas JerawatĀ 

Niacinamide tidak hanya bisa mengobati jerawat, tetapi juga membantuĀ menghilangkan bekas jerawat di wajah. Manfaat ini bisa didapatkan dengan menggunakan produkĀ skincareĀ yang mengandung niacinamide sebesar lima persen.

Perlu diketahui bahwa satu di antaraĀ fungsi niacinamide adalah memproduksi kolagen pada kulit di mana peningkatan kadar kolagen dapat membuat noda hitam bekas jerawat memudar atau tersamarkan secara perlahan.

Untuk mendapatkan manfaat ini secara optimal maka gunakan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide, seperti serum atau pelembap secara rutin. Kamu bisa memperoleh hasilnya setelah 4-8 minggu pemakaian.

4. Mengontrol Produksi MinyakĀ 

Satu di antara kegunaan niacinamide adalah membantu mengontrol kulit wajah berminyak. Niacinamide adalah zat yang mampu mengendalikan produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak (kelenjar sebasea).

Berkat manfaat ini juga, niacinamide dapat mencegah munculnya jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih.

3 dari 3 halaman

Manfaat Niacinamide bagi Wajah

5. Mengecilkan Pori-Pori KulitĀ 

Pori-pori kulit yang membesar sering kali membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Jika kamu memiliki masalah tersebut maka niacinamide adalah satu di antara solusi yang bisa digunakan untuk mengecilkan dan membantu menyamarkan pori-pori kulit sehingga kulit wajah terlihat halus dan bersih.

Hal ini dikarenakan niacinamide dapat menjaga keseimbangan produksi minyak sehingga dapat mencegah penyumbatan kotoran dan menghaluskan kulit.Ā 

6. Melawan Radikal Bebas dan Stres OksidatifĀ 

Niacinamide adalah zat yang memiliki kemampuan dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas, sinar ultraviolet, dan polusi udara. Selain itu, niacinamide merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan DNA akibatĀ  stres oksidatif.

7. Mengurangi Kerutan dan Garis HalusĀ 

Manfaat niacinamide untuk kulit wajah berikutnya yakni menunda penuaan dini, seperti munculnya kerutan dan garis halus akibat paparan sinar matahari dan polusi udara. Berkat manfaat ini, niacinamide kerap digunakan dalam produkĀ anti-aging.

8.Ā  Melindungi dari Kanker KulitĀ 

Penggunaan niacinamide dalam produk perawatan kulit dengan cara dioles ataupun diminum sebagai suplemen, dipercaya dapat mencegah kanker kulit atau bintik-bintik prakanker pada kulit. Namun, efektivitas niacinamide dalam pencegahan kanker kulit masih harus diteliti lebih lanjut.Ā 

Ā 

Sumber: Siloamhospitals

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer