Sukses


Bacaan Doa Mengusir Semut yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Semut menjadi satu di antara hewan yang paling umum dijumpai di kehidupan manusia. Terkadang keberadaannya dirasa mengganggu aktivitas kita di dalam rumah.

Terlebih, semut-semut selalu datang bergerombol untuk menyantap makanan kita. Bila ada gerombolan semut di dalam rumah, sebaiknya jangan langsung dibunuh.

Dalam Islam, umat muslim tidak diperbolehkan untuk membunuh semut. Apalagi jika semut tidak membahayakan hidup manusia.

Alasannya, semut adalah makhluk hidup yang mulia karena mereka disebut sebagai binatang yang bertasbih. Hal ini sesuai hadis Rasulullah saw. dari Abu Hurairah ra.:

"Salah seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi, lalu nabi tersebut memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya. Namun, Allah kemudian menurunkan wahyu kepadanya: "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih kepadaku?"

Bahkan Allah Swt. mengabadikan kesitimewaan semut di dalam surah An-Naml. Ada cara lain untuk mengusir semut tanpa harus membunuhnya.

Mengusir semut bisa dilakukan dengan melafalkan bacaan doa. Lalu, bagaimana bacaan doa mengusir semut?

Berikut ini bacaan doa mengusir semut yang bisa dilafalkan umat muslim, disadur dari Dream, Selasa (30/5/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Mengusir Semut 1

"Asaalamulaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Mengusir Semut 2

"Hadza li ghulamil qadhi."

Artinya: "Dengan izin Allah, semut-semut tidak berani mendekati makanan ini."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Mengusir Semut 3

"Hattā iżā atau 'alā wādin-namli qālat namlatuy yā ayyuhan-namludkhulụ masākinakum, lā yahṭimannakum sulaimānu wa junụduhụ wa hum lā yasy'urụn."

Artinya: "Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke sarang-sarangmu agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 3/11/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer